Jabar Open Jadi Ajang Seleksi PPLP

BANDUNG,- Sedikitnya 350 atlet bersaing pada Kejuaraan Daerah Panahan Jabar Open Piala Dispora Jawa Barat 2018. Kejuaraan ini menjadi ajang seleksi tahap pertama untuk menjaring 15 atlet pelajar terbaik yang akan masuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Jawa Barat.
“Pada intinya kejuaraan lingkup Jabar ini adalah pembinaan atlet pelajar, sekaligus mencari bibit-bibit atlet untuk persiapan seleksi PPLP. Melalui ajang ini juga kami berkoordinasi dengan pengurus daerah Perpani (Persatuan Panahan Indonesia) untuk pendataan atlet-atlet potensial, terutama SMP, untuk dibina lebih lanjut melalui program PPLP,” ujar Ketua Pelaksana Kejuaraan Rahmat Suparjo saat ditemui di arena kejuaraan di Lapangan Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (6/4/2018).
Dia mengatakan, 15 atlet terbaik kategori pelajar SMP dari kejuaraan ini nantinya berhak mengikuti seleksi PPLP yang digelar pada 17-20 April mendatang.
“Dari seleksi tahap akhir itu akan dipilih 5 atlet terbaik yang akan masuk program PPLP Jabar,” tutur Rahmat.
Kendati memprioritaskan pembinaan dan pembibitan atlet SD dan SMP, Rahmat mengatakan, kejuaraan ini juga tetap memfasilitasi ajang pembinaan prestasi untuk atlet-atlet SMA, mahasiswa, hingga kategori umum.
Pada kategori pembibitan, nomor yang digelar adalah standar bow jarak 15 meter (SD) dan standar bow 30 meter (SMP). Sementara itu untuk kategori SMA, mahasiswa, dan umum adalah nomor standar bow 40 meter, recurve 70 meter, dan compound 50 meter.
“Pesertanya dari klub-klub dan pengcab-pengcab Perpani di Jabar. Namun memang dominasinya  adalah kategori SD dan SMP, di atas 50 persen,” kata Rahmat.
Dari arena kejuaraan, sejumlah nomor sudah menghasilkan juara. Pada nomor ronde nasional SMP putra, M. Furqon dari Perpani Kabupaten Kuningan meraih emas sesi I dengan skor 327 poin. Furqon pula yang meraih medali emas sesi 2 dan total perseorangan dengan poin 644.
Pada nomor total beregu SMP M. Rifahlan, Anggiet, dan Raihan dari Bhagasasi Archery Club meraih medali emas dengan skor 1.872.
Dari nomor ronde nasional SD putri, Fakhira Dwi dari (kontingen mandiri) meraih emas dengan skor 290. Pada sesi 2, Nabila Ayu dari Perpani Kabupaten Bandung Barat meraih emas dengan 288 poin. Nabila juga yang meraih emas nomor total perseorangan dengan skor 57 poin. 
Pada nomor total beregu ronde nasional SD putri, Airin Qiasantina, Nayima Maisyara, dan Rayina Sarajati dari Pajajaran Archery Center meraih emas dengan skor 1.616 poin. Kejuaraan akan berlangsung sampai Minggu (8/4/2018). (B2)