Jabar Raih Tiga Emas di Hari Pertama Kejurnas Taekwondo

BANDUNG,- Tim taekwondo Jawa Barat mampu memborong tiga medali emas pada hari pertama pelaksanaan Kejuaraaan Nasional di Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/11/2017). Kontribusi medali emas didapat dari nomor poomsae beregu putra putri dan satu emas dari nomor kyorugi.
“Alhamdullilah, pada hari pertama para atlet sudha langsung menunjukkan kualitas dan menjadi yang terbaik. Namun tentunya tidak akan smapai di sini. Kami optimistis masih sejumlah medali emas masih bisa didapatkan karena banyak pertandingan belum digelar,” ujar Sekertaris Umum Taekwondo Indonesia Jawa Barat Divie.
Medali emas pertama Jabar dipersembahkan oleh tim poomsae beregu putri. Kevita Deliza, Wulan Kusuma, dan Rachmania Gunawan mampu meraih poin tertinggi dalam peragaa jurus demi jurus sehingga ditetapkan sebagai yang terbaik.
Kesuksesan ketiganya diikuti oleh tim beregu putra Jabar. Brillian Pangestu, Axel Rizky, dan Brian S  juga tampil kompak serta presisi tepat dalam memperagakan jurus – jurus taekwondo hingga meraih poin tertinggi dan berhak atas medali emas nomor poomsae beregu putra.
“Alhamdullilah anak-anak tampil maksimal, memperlihatkan hasil latihan. Kami berharap bisa diikuti oleh nomor individu poomsae dan nomor pasangan supaya menambah pundi – pundi medali Jabar,” ujar Pelatih Bayu Frimansyah.
Tim Jabar tidak hanya dominan pada nomor poomsae, pada nomor kyorugi alias pertarungan, Jabar mulai menunjukkan gelagat dominasi setelah atlet putri Megawati Tamesti meraih medali emas. Peraih emas PON XIX/2016 itu menjadi yang terbaik pada kelas -53 kg.
“Untuk dua kelas, yakni under 46 kg putri dan 74 kg putra belum memperoleh medali karena memang merupakan atlet baru,” ujarnya.
Raihan tiga medali emas ini membuat Jabar mendekati realisasi target untuk menjadi juara umum dengan proyeksi 8 medali emas. Jawa Barat sendiri mengirimkan 16 atlet kyurogi dan 8 atlet poomsae pada Kejurnas 2017 ini. Sebanyak 70 persen atlet merupakan para atlet muda potensial, sementara 30 persen lainnya merupakan atlet eks Pekan Olahraga Nasional yang terbukti memberikan prestasi.
Para peraih emas PON seperti Bintang Bagastian, Adam Yazid, Agnes Permatasari, Megawati, dan lainnya masih akan menjadi andalan Jabar untuk mendulang medali emas. Jabar menargetkan untuk meraih lima emas kyurogi dan 3 emas poomsae dari total 21 medali emas pada kejurnas yang diikuti seluruh Pengprov Taewkondo se- Indonesia itu. (B4)