Jabar Siap Gelar Pertandingan Asian Games 2018

BANDUNG,- Provinsi Jawa Barat siap menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan bagi gelaran Asian Games tahun 2018 mendatang. Seperti diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menetapkan sebanyak 15 venue pertandingan dan 11 venue latihan di Jawa Barat untuk digunakan pada ajang laga Asian Games 2018 di 10 cabang olahraga.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menuturkan, kesiapan venue yang akan digunakan untuk pertandingan Asian Games 2018 rata-rata sudah siap digunakan. Venue yang akan digunakan tersebut, sebagian besar merupakan venue yang sebelumnya digunakan saat gelaran PON XIX tahun 2016 lalu.

“Venue yang akan digunakan Asian Games 2018, rata-rata sudah oke dan sudah disetujui karena sudah memenuhi standar internasional. Bahkan dari sisi pertandingan pun cukup banyak dan berimbang dengan Palembang. Insha Allah, semuanya sudah siap digunakan,” ujar gubernur yang akrab disapa Aher, Kamis (1/6/2017).

Jabar sendiri mendapat jatah menggelar pertandingan untuk cabang olahraga sepakbola, paralayang/paragliding, modern penthalaton, brigde, balap sepeda, sepeda gunung, roller sport, bola tangan, surfing dan canoe slalom. Untuk cabang olahraga sepakbola akan digelar di lima stadion di wilayah Jabar yakni stadion Pakansari Bogor, stadion Wibawa Mukti Bekasi, stadion Patriot Bekasi, stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung

Lalu untuk pertandingan cabang olahraga paralayang akan digelar di Gunung Mas, Puncak, Bogor, roller sport di Stadion Patriot Kota Bekasi, sepeda gunung dilakukan di Kebhun Hill Subang, cabang olahraga hand ball digelar di Gymnasium UPI, surfing di Cimaja, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, canoe di Bendung Rentang, Kabupaten Cirebon, dan bridge di Margo Hotel Depok.

Dari sisi perbaikan, Aher mengaku jika pembenahan dilakukan dengan menambah beberapa fasilitas di sekitar venue tersebut.  Seperti penambahan fasilitas parkir, penambahan toilet, dan fasilitas pendukung lain.

“Asian Games ini kan pesta olahraga internasional dengan tuan rumah Indonesia, dan kami, Jabar, sudah siap sebagai pelaksana pertandingan. Untuk perbaikan dan pembenahan venue sehingga sesuai dengan standar Asian Games, kami serahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat termasuk dari sisi anggaran,” tegasnya. (B3)