Jaring Bibit Atlet Berprestasi, Forki Gandeng Kejati Jabar Gelar Kejuaraan

BANDUNG,- Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jawa Barat menggandeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar menggelar kejuaraan ‘Kajati Jabar-Karate Open Championship 2018’ yang akan dihelat di Grha Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung pada 18-20 Juli 2018.

Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono menyebutkan jika event tersebut juga merupakan event sirkuit III yang saat ini digelar sekaligus memperingati Hari Bakti Adhiyaksa 2018.

“Event ini terselenggara karena awalnya kita Forki punya agenda Sirkuit ke III yang ternyata juga momentnya pas dengan agenda Kejati yang akan mengadakan event kejuaraan olahraga dalam rangka peringatan Hari Bakti Adhiyaksa 2018. Berangkat dari sanalah kami tawarkan untuk kolaborasi dan hasilnya gayung bersambut,”kata Gianto di Aula Kejati Jabar, Jalan LLRE Martadinata (Riau) Kota Bandung, Senin (9/7/2018).

Ia juga menyebutkan, tingginya antusias dari para karateka di Jabar mengharuskan pada event tersebut pesertanya dibatasi hingga 1000 atlet dari Forki Kota/Kabupaten dan perguruan karate di Jabar.

“Kita tahu kalau peserta kejaraan karate di Jabar ini pesertanya membludak. Jadi kita targetkan dan kita batasi hingga 1000 peserta. Kalau tidak dibatasi bisa sampai 5000 peserta. Tapi kan dari sisi kesiapan dan juga terbatasnya waktu penyelenggaraan itu tidak memungkinkan. Kita ingin sisi prestasi yang dicapai jelas, bukan dari sisi kuantitas.,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya event ini, terlahir atlet-atlet berprestasi yang akan jadi pelapis atlet elite Jabar ke depan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hari Bakti Adhyaksa 2018, ‎Hutama Wisnu SH., MH., menuturkan, keikutsertaan Kejati Jabar pada kejuaraan karate ini sebagai salah satu bentuk pengabdian ke masyarakat, khususnya di cabang olahraga karate. Selain itu, momen pelaksanaan kegiatan bertepatan dengan peringatan Hari Bakti Adhyaksa tahun 2018.

“Dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhiyaksa 2018 ini selain kita menggelar kegiatan sosial, kami juga merambah ke bidang olahraga. Termasuk saat ini kami bersama-sama Forki Jabar mengadakan kejuaraan karate. Karena kami ingin memberikan manfaat yang besar kepada masayarakat Jabar sehingga event ini merupakan program bakti kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah yang sebentar lagi akan menggelar Asian Games 2018,” ungkapnya.

Keikutsertaan Kejati Jabar pada ajang kejuaraan karate ini, lanjutnya, sebagai salah satu bentuk dukungan pihaknya terhadap perkembangan pembinaan keolahragaan di Jabar yang dilakukan KONI Jabar dan pengurus cabang olahraga.

“Kejuaraan ini juga menjadi ajang untuk menjaring bibit-bibit atlet karate Jabar yang kita harapkan nantinya bisa tampil pada event yang lebih tinggi seperti PON, SEA Games, Asian Games, ataupun event internasional lainnya,” Wisnu menutupkan. (B8)