Juara Liga Pelajar Jadi Modal Tim Taekwondo Kota Bandung Menuju Popda 2018

BANDUNG,- Tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kota Bandung baru saja menjuarai Kejuaraan Taekwondo Liga Pelajar se-Jawa Barat 2017 yang rampung digelar di GOR Suryakencana Kota Sukabumi, Minggu (3/12/2017). Pencapaian tersebut menjadi modal positif bagi tim taekwondo Kota Bandung untuk menyongsong Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2018.

“Kejuaraan ini memang merupakan arena pencarian atlet-atlet pelajar potensial yang akan memperkuat tim Kota Bandung pada Popda 2018. Melihat pencapaian ini dengan potensi para atlet di usia yang relatif sangat muda, ada prospek bagus ke depan. Semoga Kota Bandung bisa mencetak sejarah dengan menjadi juara umum taekwondo pada Popda 2018,” ujar Sekretaris Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kota Bandung Dedi Heryadi di Bandung, Kamis (7/12/2017).
Kejuaraan Taekwondo Liga Pelajar se-Jawa Barat digelar sejak Sabtu (2/12/2017). Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Pengcab TI Kota Sukabumi sebagai tuan rumah itu memperebutkan hingga 40 medali emas. Sejumlah nomor eksebisi juga dipertandingkan pada ajang tahunan ini.
Kejuaraan ini diikuti oleh ratusan atlet dari 40 tim yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Pada kejuaraan regional tersebut, tim PPLD Kota Bandung yang juga diperkuat sejumlah atlet non PPLD, mampu meraup total 16 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Raihan tim Kota Bandung unggul jauh atas peringkat dua tim BTTC Bandung yang meraih 7 emas, 3 perak, 3 perunggu. Posisi ketiga ditempati oleh tim STKB Kabupaten Bogor dengan 6 emas, 3 perak, dan 2 perunggu.
“Khusus untuk tim PPLD Kota Bandung meraih 10 medali emas dan 3 perak. Tapi memang ada juga atlet nonPPLD yang bergabung sehingga kita atas nama Tim Taekwondo PPLD Kota Bandung Plus dapat total 16 emas,” ujar Dedi.
Dia mengatakan, mayoritas medali emas yang diraih tim Kota Bandung pada kejuaraan tersebut berasal dari nomor kyorugi atau pertarungan. Tim kota Bandung juga menjuarai sejumlah nomor eksebisi namun tidak diikutsertakan dalam akumulasi perhitungan medali.
“Nomor poomsae menyumbang empat medali emas dari kelas cadet dan junior. Kebanyakan memang dari kyorugi. Khusus medali yang diraih oleh tim PPLD Kota Bandung, semua dari kyorugi,” tutur Dedi.
Selain menggondol piala juara umum, tim PPLD Kota Bandung juga membawa pulang trofi penghargaan individual melalui atletnya M. Axel Dadan. Axel yang meraih medali emas pada nomor kyorugi junior under 55 kg dinobatkan sebagai atlet terbaik junior putra lantaran performa impresifnya, terutama dalam pertarungan di laga final.
“Tidak hanya Axel, semua atlet tampil baik dan sangat potensial. Mereka juga usianya masih relatif muda dan bisa berpartisipasi pada Popda. Kami harap mereka akan tetap serius mengikuti pembinaan sehingga melanjutkan regenerasi atlet dan menjaga prestasi taekwondo Kota Bandung maupun Jawa Barat secara umum,” ujar Dedi. (B4)