Kabupaten Bandung Juara Umum BK Senam

BANDUNG,- Kabupaten Bandung tampil sebagai juara umum babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII. Pada penyelenggaraan babak kualifikasi yang digelar di Gymnasium Sport Center Arcamanik Bandung, sejak Senin (11/12/2017) hingga Kamis (14/12/2017), Kabupaten Bandung mampu meraup total 7 emas, 1 perak, dan 2 perunggu dari nomor artistik, ritmik, dan aerobik.

Medali emas Kabupaten Bandung diraih melalui nomor artistik putra alat palang tunggal, artistik putri alat lantai, ritmik putri alat gada, ritmik beregu putri, dan sisanya dari nomor aerobik.
Peringkat kedua ditempati oleh Kabupaten Tasikmalaya yang mengoleksi 6 emas, 2 emas. Kabupaten Bekasi berada di peringkat tiga dengan 4 emas, dan satu perunggu. Sementara itu tuan rumah putaran final Porda XIII/2018 Kabupaten Bogor mengisi posisi empat dengan perolehan 3 emas dan 1 perak.
Kota Bandung sebagai tuan rumah babak kualifikasi hanya berada di posisi 9 tanpa mampu meraih emas dan cuma mengoleksi 7 emas dan 4 perunggu.
Ketua Panitia Pelaksana Babak Kualifikasi Porda senam Ikhsan Ayatullah menilai, babak kualifikasi berlangsung kompetitif. Namun, fase ini belum bisa dijadikan ukuran level kompetisi pada putaran final Porda 2018 di Kabupaten Bogor.
“Di Porda pasti akan banyak perubahan. Ini yang harus dicermati oleh atlet yang telah lolos dari babak kualifikasi. Mudah-mudahan hasil Porda nanti dapat memiliki atlet senam yang bisa menyumbang emas buat Jabar di PON Papua,” ujar Ikhsan.
Babak kualifikasi senam diikuti oleh 19 pengurus cabang Persatuan Senam Indonesia (Persani) kabupaten kota seJawa Barat. Fase ini menggelar 23 nomor pertandingan. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah nomor pertandingan pada putaran final Porda 2018 maupun PON XX/2020. Pada babak kualifikasi Porda ini diberlakukan pembatasan  usia. Atlet yang boleh berkompetisi minimal berusia 12 tahun dan maksimal 26 tahun. Sebanyak 157 atlet berkompetisi memperebutkan kuota 109 tiket menuju putaran final Porda. (B4)