Kabupaten Bandung Tegaskan Tak Akan Lepas Dewi Citra dan Dita Karenza

BANDUNG,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten ‎Bandung menegaskan untuk tidak melepas kedua atlet catur andalan mereka, Dewi Citra dan Dita Karenza ke Kabupaten Bogor pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018. Hal ini seiring dengan dikabulkannya gugatan KONI Kabupaten Bandung ke PN Bale Bandung dan menyatakan dua atlet putri tersebut milik Kabupaten Bandung.
“Jadi sudah ada keputusan dari PN Bale Bandung yang menyatakan Dewi Citra dan Dita Karenza tetap merupakan atlet Kabupaten Bandung. Dan kami dengan tegas tidak akan melepas kedua atlet itu ke Kabupaten Bogor atau kota dan kabupaten lain di Porda Jabar XIII,” ujar Ketua KONI Kabupaten Bandung, Herda M Ghani saat ditemui wartawan, Kamis (15/2/2018).
Herda menuturkan, berdasarkan laporan dari Bidang Hukum dan pengacara yang ditunjuk, kedua atlet tersebut diharuskan ‎membayar sejumlah uang ganti rugi sebesar Rp136 juta. Jumlah tersebut harus dibayarkan kedua atlet tersebut jika memang ‘keukeuh’ akan pindah ke Kabupaten Bogor.
“Silakan kalau mereka mau banding, tapi itu justru akan semakin memperlama proses status mereka. Dan kalau pun mereka mau bayar denda untuk pindah silakan, tapi belum tentu juga kita akan berikan rekomendasi ‎bagi keduanya untuk pindah ke Kabupaten Bogor,” terangnya.
Untuk itu, pihaknya berharap KONI Jabar maupun Pengprov Percasi Jabar untuk ‎menghormati dan mentaati putusan pengadilan terkait kedua atlet tersebut. Pasalnya, keputusan tersebut sudah merupakan keputusan inkrah dari pengadilan.
“Kita bersikap tegas terhadap persoalan mutasi ini, jangan sampai proses pembinaan yang sudah kita lakukan maupun kota dan kabupaten lain dicederai oleh tindakan tidak sportif. Hal ini pun menjadi ‎warning dan pelajaranbagi semua pihak mulai dari atlet, pengurus cabang olahraga kota dan kabupaten, KONI kota dan kabupaten, pengurus cabang olahraga provinsi hingga KONI Jabar untuk tetap mengedepankan etika dan aturan dalam persoalan mutasi atlet,” tegasnya. (B3)