Kecintaan Bobotoh Kepada Persib Jadi Inspirasi KONI Untuk Olahraga Jabar

BANDUNG,- Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin menegaskan jika ia memiliki cita-cita untuk menumbuhkan rasa memiliki warga Jabar terhadap tim sepakbola Persib yang menggelora juga bisa terwujud kepada olahraga secara umum.

Karena menurutnya di dalam tubuh kepersiban para supporter fanatiknya yang karib disapa bobotoh itu menggelora militansi yang sampai saat ini belum tersentuh secara teori dan juga keilmuan untuk bisa diterapkan pada cabang olarhaga lain.

“Kalah menang mereka tetap cinta Persib. Berarti ini ada apa-apanya. Hubungan batiniah antara masyarakat Jawa Barat dan Persib. Seandainya olahraga pada umumnya juga dimiliki masayarakat seperti Persib. Ini akan luar biasa,” tegas Ahmad di gedung KONI Jabar, Jl. Pajajaran No. 37A Bandung.

Hanya saja Ahmad menyayangkan jika sampai saat ini misi itu belum sepenuhnya mendapat dukungan dari berbagai pihak. padahal keadaan seperti itu akan mejadi satu kekuatan untuk perkembangan prestasi olahraga di Jabar.

“Kita bisa lihat orang tua bawa anak untuk mendukung Persib kemana-mana. Sayangnya untuk olarhaga saat ini belum seperti itu. sedikit-sedikit saya garap tapi justru masih ada segiintir orang yang protes. Untuk apa katanya ini KONI mengumpulkan bobotoh segala, bikin koperasi?padahal belum apa-apa,” terangnya.

Dukungan yang menggelora dari supporter untuk Jawa Barat pernah terlihat saat Tanah Pasundan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 lalu. dimana bobotoh dan masyarakat pada umumnya turut mendukung atlet Jaabar saat berlaga di arena pertandingan.

“Waktu PON sudah bisa terlihat bagaimana dukungan bobotoh untuk menjadi supporter olahraga seccara umum disetiap venue pertandingan. Di setiap daerah ada. Rasa memilikinya terlihat, kedaerahannya pun tumbuh. Hal semacam ini yang saya inginkan,” ungkapnya menutupkan. (B8)