Kejurda Barongsai Diikuti Delapan Pengcab

BANDUNG,- Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jawa Barat akan menyelenggarakan Kejuaraan daerah (Kejurda) Barongsai yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-23 September, di gedung Marga Lie, komplek Perumahan Mekarwangi, Kota Bandung.

Ketua Umum Pengprov FOBI Jawa Barat, Djonni Andhella, Kamis (20/9/2018) mengatakan, pada kejurda kali ini akan diikuti sebanyak delapam pengurus cabang (Pengcab) FOBI yang ada di Jawa Barat, dengan jumlah peserta mencapai 158 orang.

“Ada tiga kategori yang kita pertandingkan di kejurda tahun ini yaitu barongsai tradisional, barongsai taulo bebas (tonggak), dan naga taulo bebas. Pembukaan sendiri akan dilakukan hari Sabtu pukul 09.00 WIB,”tuturnya.

Djonni mengatakan, dari hasil kejurda ini, nantinya selain memperebutkan piala kejurda juga peserta yang tampil sebagai pemenang akan mewakili Jawa Barat di Kejurnas yang akan diselenggarakan di Kota Padang, pada bulan November.

Saat ini FOBI Jabar sedang gencar melakukan sosialisasi ke daerah-daerah, dengan harapan kedepannya jumlah pengurus cabang bisa semakin bertambah. Di Jabar sendiri telah terbentuk sebbanyak sembilan Pengcab FOBI.

Sejak masuk kedalam keanggotaan KONI, FOBI terus gencar mensosialisasikan olah raga ini agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Pengurus besar FOBI dan pengprov-pengprov yang ada di Indonesia pun rutin mengadakan kejuaraan, dan bahkan mengundang peserta dari negara luar. Bahkan jabar pernah mebgirimkan atletnya ikut di kejuaraan barongsai.

Pengprov FOBI Jabar sendiri telah menyusun serangkaian kalender even, termasuk penyelenggaraan kejuaraan. Selain sebagai ajang prestasi, kejuaraan ii juga menjadi bagian dari program pembinaan yang berkesinambungan. (B6)