Kesehatan 700 Atlet Pelatcab Porda Jabar XIII‎ Diperiksa

BANDUNG,- Setelah menggelar tes fisik, giliran kesehatan para atlet Pelatcab Porda Jabar XIII Kota Bandung yang diperiksa selama dua hari, Sabtu-Minggu (12-13/5/2018) di GOR KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung. Hal ini sebagai upaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung terus meningkatkan kemampuan para atletnya untuk mencapai peak performance pada saat Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII, Oktober 2018 di Kabupaten Bogor.

Ketua Bidang Sport Medicine KONI Kota Bandung, Andi Mulyadi menuturkan, ‎pemeriksaan kesehatan diikuti oleh sekitar 700 atlet yang berasal dari 40 cabang olahraga Pelatcab Porda Jabar XIII/2018 Kota Bandung. Ke-700 atlet tersebut merupakan atlet-atlet yang sudah lolos dari babak kualifikasi dan dipastikan tampil di Porda Jabar XIII/2018.
“Atlet yang menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini berdasarkan rekomendasi dari Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kota Bandung,” ujar Andi saat ditemui di sela-sela pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, Sabtu (12/5/2018).
Andi menambahkan, setidaknya ada sekitar lima belas indikator yang diperiksa oleh tim. Diantaranya tinggi dan berat badan, tekanan darah, uji visi warna, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan mata, kesehatan organ dalam, body mass indek, pemeriksaan darah, hingga pemeriksaan urine.
“Untuk pemeriksaan kesehatan tersebut, kita melibatkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung sebanyak 35 orang, petugas kesehatan eks‎ternal sebanyak 8 orang, hingg petugas lainnya. Satu per satu, atlet diperiksa sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan,” terangnya.
Andi mengaku, dengan pemeriksaan kesehatan ini diharapkan kondisi kesehatan setiap atlet yang akan membela kontingen Kota Bandung di Porda Jabar XIII/2018 bisa terpantau. Baik gangguan maupun kendala kesehatan yang dihadapi masing-masing atlet.
“Jika ditemukan hal tersebut, kita akan secepatnya melakukan rekomendasi ‎kepada cabang olahraga yang bersangkutan untuk pengobatan atau maintenance dengan pendampingan kita. Dengan ini, diharapkan akan menghasilkan performa maksimal atau peak performance atlet saat Porda Jabar XIII nanti,” tegasnya. (B1)