Ketua KONI Subang: Olahraga Itu Hal Penting Untuk Membangun Karakter Bangsa

SUBANG,- Ketua Umum KONI Kabupaten Subang, Yoyo Kustrio menyebut jika olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan karakter dan bangsa serta dengan olahraga bisa menguasai dunia. Untuk itu, dukungan pemerintah terhadap dunia olahraga, baik dari sisi finansial maupun srana prasarana, tidak bisa dianggap sebelah mata.
“Hal itu merupakan ungkapan dari Presiden Soekarno saat pelaksanaan Asian Games 1962 di Jakarta. Beliau menyebut jika olahraga bisa dijadikan alat sebagai pembangunan karakter dan bangsa (Nation and Character Building Indonesia) serta dengan olahraga bisa menguasai dunia. Itu membuktikan jika olahraga itu merupakan hal yang penting, tidak bisa dipandang sebelah mata,” ujar Yoyo saat ditemui usai kegiatan Rapat Kerja (Raker) KONI Kabupaten Subang di Vila Sari Alam, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (14/4/2018).
Yoyo pun mencontohkan beberapa negara adikuasa yang juga memiliki prestasi olahraga yang mendunia. Dengan keberhasilan di bidang olahraga, negara-negara tersebut pun menjadi negara besar di dunia.
“Lihat saja China, Amerika, atau saat ini Korea Selatan. Mereka sudah berhasil menjadi salah satu kekuatan olahraga di level dunia, dan mereka pun menjadi negara-negara besar yang mampu menguasai dunia. Hal itu berlaku juga untuk level kota dan kabupaten, cukup dengan prestasi olahraga maka nama daerah pun pasti akan terangkat,” tambahnya.
Yoyo menuturkan, saat ini ada fenomena yang kurang baik di Kabupaten Subang. Pasalnya, beberapa pihak masih menyepelekan bidang olahraga dengan tidak memberikan dukungan yang maksimal. Padahal, dari sisi prestasi, atlet-atlet asal Kabupaten Subang telah mampu mencetak prestasi di level nasional dan mengangkat nama Subang.
“Cukup cetak atlet yang bisa berprestasi di level nasioan bahkan internasional, maka nama Subang pun bisa dikenal. Tidak hanya di Jabar, Indonesia tapi juga di dunia. Dan saat ini, dunia olahraga Subang sedang mengalami keterpurukan finansial padahal sebenatar lagi harus berjuang mempertahankan prestasi dan prestise Kabupaten Subang di ajang Porda Jabar XIII pada Oktober 2018 mendatang. Kita berharap Pemkab Subang pun bisa memberikan dukungan maksimal,” tuturnya.
Plt Bupati Subang, Atim Rusnatim mengamini apa yang disampaikan Ketua Umum KONI Kabupaten Subang, Yoyo Kustrio dan menyatakan keprihatinan dengan kondisi yang dialami saat ini. Dirinya pun tidak menampik saat nama Kabupaten Subang makin dikenal luas di Indonesia bahkan dunia, saat atlet asal Kota Nanas ini mencetak prestasi di bidang olahraga.
“Ini harus jadi tanggungjawab bersama, tidak hanya pemerintah. Kita dari Pemkab Subang, inginnya memenuhi semua kebutuhan namun saat ini kita dihadapkan pada kondisi keuangan daerah yang trend-nya sedang turun,” ujar Atim.
Untuk itu, pihaknya akan kembali menganalisa kebutuhan-kebutuhan anggaran di Kabupaten Subang yang bisa dikolaborasikan dengan menggunakan anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar hingga pemerintah pusat. Dengan demikian, kebutuhan KONI Kabupaten Subang untuk mempersiapkan atlet menghadapi Porda Jabar XIII pada Oktober 2018 mendatang di Kabupaten Subang, bisa terpenuhi.
“Masih ada proses satu kali lagi di (APBD) perubahan dan semoga saja kebutuhan koni bisa terpenuhi. Kita pun akan mendukung dari kesiapan sarana prasarana untuk peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Subang. Semoga saja, dengan jajaran kepengurusan KONI Subang yang baru ini bisa semakin meningkatkan prestasi olahraga Subang di level yang paling tinggi,” pungkasnya. (B8)