KONI Jabar Akan Pilih Tuan Rumah PON XXI dengan Alasan Ini

BANDUNG,- Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang menjadi rujukan utama bagi provinsi lain untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) seiring dengan kesuksesan di tahun 2016 sebagai tuan rumah PON XIX. Untuk penentuan tuan rumah PON XXI tahun 2024, sudah dua kandidat dari empat provinsi yang secara langsung datang ke gedung KINI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung.
“Untuk penentuan siapa yang layak menjadi tuan rumah PON XXI, itu merupakan keputusan dari pusat. Tapi bagi kami, siapapun yang mampu menimbulkan kemajuan bagi peningkatan kualitas keolahragaan, itu akan jadi salah satu faktor bagi kami menentukan untuk memilih siapa yang akan menjadi tuan rumah PON XXI,” ujar Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin kepada wartawan, Minggu (21/1/2018).
Terkait kedatangan Aceh dan Sumut serta Bali dan NTB yang akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024, Ahmad mengaku jika pihaknya siap untuk menerima pihak manapun yang ingin menjadi tuan rumah. Pihaknya siap memberikan tips sukses sebagai tuan rumah multieven olahraga tingkat nasional seiring dengan kesuksesan Jabar sebagai tuan rumah PON XIX pada tahun 2016 lalu.
“Kami punya ukuran tersendiri untuk menentukan sikap, mana yang akan kami dukung. Yang sudah pasti, kami ingin agar kami sebagai kontingen peserta mendapatkan kemudahan dan kelancaran saat mengikuti PON itu. Itu dipastikan akan mempengaruhi kita dalam penentua sikap, termasuk soal jarak dari venue ke venue yang lain,” terangnya.
Selain itu, lanjut Ahmad, Jabar memiliki cita-cita jika setiap penyelenggaraan PON bisa berdampak pada peningkatan prestasi olahraga nasional di level internasional. Mulai dari tingkat Asia Tenggara di SEA Games, tingkat Asia di Asian Games, hingga level dunia dalam gelaran Olimpiade.
“Jadi dari akumulasi itu, kesiapan sarana prasarana pertandingan termasuk venue pun menjadi dasar dari penentuan pilihan kami terhadap tuan rumah PON. Aspek itulah yang menjadi rujukan kami, kepada siapa dukungan tuan rumah PON XXI akan kami berikan. Jabar pun berharap pemilihan tuan rumah PON ini bermuara ke objektivitas karena sudah cukup lama prestasi Indonesia tidak bisa berkibar di level internasional,” tegasnya. (B3)