KONI Jabar Apresiasi Atlet Jabar di SEA Games 2017 Malaysia

BANDUNG, – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Ahmad Saefudin mengaku sangat bangga dengan kinerja para atlet andalannya kala membela Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia. Pasalnya dari 135 atlet Jabar yang dikirimkan, 101 diantaranya berhasil menyumbangkan medali.
Ke-101 atlet Jabar tersebut berhasil menyumbangkan total 62 keping medali, masing-masing 11 medali emas, 20 perak dan 31 perunggu.
Hasil tersebut membuat Jabar berada di peringkat pertama penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia mengalahkan Jawa Timur dengan perolehan 11 medali emas, 17 perak, 33 perunggu dan DKI Jakarta yang hanya meraih 9 medali emas, 20 perak, 30 perunggu.
“Berarti hampir sebagian besar atlet kita (Jabar) berhasil menyumbangkan medali,” ujar Ahmad di ruang Kominfo KONI Jabar, Jalan Pajajaran Bandung, Senin (4/9/2017).
Namun demikian, Ahmad cukup menyayangkan lantaran hasil ciamik atlet Jabar tidak mampu membuat Indonesia berada di peringkat atas klasemen akhir SEA Games 2017.
Sebaliknya Merah Putih hanya mampu berada di peringkat kelima setelah mengantongi 38 medali emas, 63 perak dan 90 medali perunggu.
Hasil ini membuat prestasi Indonesia menurun lantaran di penyelenggaraan sebelumnya di SEA Games Singapura 2015, Indonesia mengantongi 47 medali emas.
Bisa dikatakan, bahwa prestasi Indonesia ini menjadi yang terburuk di sepanjang sejarah keikutsertaan di SEA Games ini sejak 1977.
“Tapi kami tidak akan menyalahkan siapapun. Sebaliknya ini momen yang penting bagi Jabar. Saya instruksikan Binpres untuk membedah kesiapan atlet sejauh mana program dilaksanakan dan diterima atlet. Artinya, siklus pembinaan harus jelas,” katanya.(B2)