KONI Jabar Dapat Apresiasi Positif dari KONI Pusat

BANDUNG,- KONI Jawa Barat mendapatkan apresiasi positif dari KONI Pusat terkait kontribusi atlet asal Jabar untuk tim Indonesia menghadapi Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang. Saat ini, Jabar sendiri menjadi salah satu provinsi yang menyumbangkan atlet terbanyak untuk persiapan pembentukan tim inti di beberapa cabang olahraga Asian Games XVIII.
“Ada pengakuan dari luar yang cukup signifikan terhadap kinerja KONI Jabar. Salah satunya dari KONI Pusat yang melihat bagaimana atlet-atlet asal Jabar di Pelatnas Asian Games 2018 yang memperlihatkan ‎kualitas dan attitude yang baik,” ujar Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (13/6/2018).
Ahmad menuturkan, ratusan atlet asal Jabar saat ini terpanggil untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) Asian Games XVIII di beberapa cabang olahraga. Bahkan di beberapa cabang olahraga, atlet asal Jabar cukup mendominasi. Seperti di cabang olahraga dayung, bola tangan, renang, polo air, dan bola voli.
“Di dayung, ada sekitar 25 atlet kita yang dipanggil. Lalu di bola tangan, ada sekitar 20 atlet. Di dua cabang olahraga itu memang terbanyak, tapi tidak menutup kemungkinan di cabang olahraga lain karena saat ini memasuki tahap seleksi akhir,” terangnya.
Berdasarkan penuturan KONI Pusat, atlet asal Jabar memiliki kualitas yang cukup baik sehingga berpeluang untuk meraih medali di Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang. Bahkan semangat dan disiplin atlet asal Jabar pun dinilai cukup baik selama mengikuti latihan di pelatnas beberapa cabang olahraga.
“‎Ini membuktikan jika kinerja KONI Jabar sudah sesuai tupoksi. Para atlet memang sudah diajari bagaimana memahami kekuatan diri sendiri maupun kekuatan calon lawan pada saat persiapan PON XIX. Dan hal ini mereka terapkan untuk menghadapi perhelatan lebih besar di Asian Games 2018 nanti. Tak hanya itu, kita dari pengurus, bahkan saya secara pribadi, tidak pernah lepas untuk berkomunikasi dengan mereka untuk sekadar menanyakan kondisi mereka di pelatnas,” tuturnya.
Untuk itu, pihaknya secara khusus meminta setiap pengurus KONI Jabar dan cabang olahraga untuk tetap fokus bekerja pada tupoksi membina ‎olahraga prestasi. Terutama dalam memperhatikan atlet dan pelatih sebagai unsur utama.
“Bagi kami, atlet dan pelatih itu VVIP atau orang yang sangat penting. Sehingga apa yang kami lakukan sebagai pengurus KONI Jabar, tiada lain untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas mereka. Tidak hanya dari sisi ke-atlet-an, tapi juga dari sisi kehidupan lain pun kita persiapkan,” tegasnya. (B1)