KONI Jabar Dukung Pelaksanaan PON Di Dua Provinsi

BANDUNG,- Untuk mempercepat laju pembangunan olahraga Nasional, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat mengaku sangat mendukung jika penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dilaksanakan lebih dari dua provinsi.
Sepert diketahui, pada saat Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat di Jakarta, bulan lalu, Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) telah berhasil terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXI tahun 2024.

“Untuk kemajuan olahraga, kita sangat mendukung jika PON kedepan dilaksanakan lebih dari satu provinsi, atau kalau bisa dilaksanakan oleh empat provinsi,”ungkap Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin, di Gedung KONI Jawa Barat, Selasa (15/5/2018)

Selain mempercepat peluang daerah untuk menjadi tuan rumah, Ahmad mengatakan jika pelaksanaan PON akan membuat pembangunan olahraga di Indonesia lebih merata.

“Kita bayangkan kalau PON yang 4 tahun satu kali itu hanya dilaksanakan oleh satu provinsi, berapa ratus tahun ajang multi event itu bisa dilaksanakan kembali di provinsi yang sudah pernah melaksanakan, tapi kalau pelaksanaan oleh dua sampai tiga provinsi tentunya bisa mempercepat,” ujarnya.

Lanjut dia, dengan terpilihnya Provinsi Aceh dan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI, ia pun yakin jika pelaksanaan PON akan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya, pasalnya PON akan melibatkan 2 Provinsi sekaligus.

Tanpa meragukan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, ia juga optimis jika Provinsi Papua bisa menyelenggaralan PON dengan baik serupa dengan ptovinsi-provinsi yang pernah menyelenggarakan PON.

“Saya tidak pernah melihat keraguan baik itu nanti di Aceh dan Sumut atau Papua pada tahun 2020, keyakinan harus ditumbuhkan bersama, meskipun pada PON XX tuan rumah hanya Papua tapi mereka pasti tidak bekerja sendiri seperti halnya Jabar saat PON XIX kita bekerja bersama-sama dan melalui proses bantuan dari yang lain,”pungkasnya (B3)