KONI Jabar Kantongi Konsep Penjaringan Tuan Rumah Porda 2022

BANDUNG,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat matangkan konsep system penjaringan tuan rumah pakan olahraga daerah (Porda) Jawa Barat XIV tahun 2022. Dimana pada Porda nanti akan diselenggarakan di lebih dari satu kota/kabupaten sekaligus yang akan bertindak sebagai tuan rumah.

Wakil Ketua I KONI Jabar, M. Budiana menuturkan. Saat ini terdapat tiga daerah yang sudah menyatakan kesiapannya untuk menggelar Porda XIV/2022 nanti. Yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang dan Kota Tasikmalaya.

“Ya ini kan dasarnya ada instruksi dari pimpinan KONI Jabar, kemudian senior-senior di olahraga Jabar dan melihat paying hokum serta peraturan pemerintah untuk pembaharuan system dalam dalam rangka penetapan Porda 2022 nanti,” ujarnya di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (10/7/2018)..

Selain itu Budiana mengaku jika KONI sudah menyiapkan konsep penjaringan dengan memberikan daftar isian boring melalui online kepada calon tuan rumah yang sudah mendaftarkan diri.

“Kita sudah sharing dengan Prof. Rusli Lutan banyak konsep yang di share. Dan Alhamdulillah konsepnya sudah selesai tinggal disampaikan melalui online kepada tuan rumah, baik itu KONI daerahnya, pemeraintah daerah dan juga Dispora,”

Setelah itu, KONI Jabar disebutkan akan memberntuk tim untuk melakukan kunjungan dalam rangka peninjauan terkait kesiapan calon tuan rumah di lapangan.

“Tim berikutnya dalam bentuk kunjungan (visitasi) untuk kroscek. Lalu hasilnya nanti akan ditetapkan dalam rapat pleno KONI Jabar. Ini adalah penjaringan tuan rumah Porda yang menurut saya baru pertamakali diterapkan di Indonesia,” tegasnya.

Ia juga menegaskan, sesuai instruksi ketua umum KONI JAbar, dalam rapat pleno nanti ditetapkan tidak ada deposit uang jaminan untuk bias menjadi tuan rumah. Karena secara faktual KONI Jabar ingin melihat kondisi existing calon tuan tumah sesuai penilaian. (B8)