KONI Jabar Segera Putuskan Jumlah Nomor Cabor Porda

BANDUNG,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat segera mengeluarkan keputusan terkait  jumlah nomor pertandingan setiap cabang olah raga untuk Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jabar XIII/ Kabupaten Bogor.

Saat ini KONI Jabar sendiri masih menunggu koordinasi yang dilakukan setiap pengurus provinsi cabang olah raga dengan PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor, untuk menyelaraskan jumlah nomor di masing-masing cabor.

“Sebenarnya kami sudah memiliki jumlah nomor di setiap cabang olah raga dan tinggal mengeluarkan keputusan. Namun, kami meminta pengurus setiap cabang olah raga melakukan koordinasi dengan PB Porda Jabar XIII,” tutur Wakil Ketua II KONI Jabar, Verdia Yosef, di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Senin (17/7/2017).

Yosef mengatakan, meski sebagian besar nomor pertandingan cabang olah raga sudah fix, namun masih ada beberapa cabang olah raga yang dari sisi jumlah nomor pertandingan masih bersebrangan dengan pihak PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor.

Untuk itu, KONI Jabar pun masih menunggu terkait hasil koordinasi dengan cabang olah raga bersangkutan terkait jumlah pasti nomor pertandingan yang akan digelar di ajang multieven olah raga empat tahunan di Jabar tersebut.

“Kita beri mereka waktu dalam pekan ini harus sudah selesai. Kalau tidak ada kesepakan antara cabang olah raga yang bersangkutan dengan PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor dalam pekan ini, maka kami dari KONI Jabar yang akan memutuskan terkait nomor pertandingan di cabang olah raga tersebut,”katanya.

Yosef mengatakan, selain nomor pertandingan KONI Jabar pun masih terus membahas terkait aturan pembatasan usia di beberapa cabang olah raga. Pihaknya terus mengkaji ajuan pembatasan usia atlet yang bisa berlaga di Porda Jabar XIII dari cabang olah raga.

“Kita harus hati-hati dalam menentukan batas usia atlet di setiap cabang olah raga ini. Jangan sampai nanti merugikan satu pihak atau bahkan KONI Jabar untuk persiapan menuju PON XX,” ujarnya.

Dalam pembatasan usia tersebut, cabang olah raga harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari ketentuan yang diterapkan oleh masing-masing induk cabang olah raga di tingkat pusat hingga keberlangsungan pembinaan bagi atlet. (B5)