KONI Jabar Siapkan Lima Tim Hadapi PON XX tahun 2020 di Papua

BANDUNG,- KONI Jabar akan membuat lima tim untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan gelar juara umum meski pelaksanaan PON XX masih menyisakan waktu sekitar dua tahun yakni pada tahun 2020.
Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menuturkan, pihaknya sudah mulai melakukan pemetaan untuk menghadapi PON XX tahun 2020. Salah satunya mempersiapkan tim sesuai dengan wilayah atau zona saat gelaran PON XX di Papua tahun 2020 mendatang‎.
“Melihat kondisi kedepan ‎pada PON XX di Papua, maka kita mulai melakukan mapping dengan menyiapkan Pelatda PON XX dengan lima ketua tim sesuai dengan zona wilayah di Papua,” ujar Ahmad saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (24/6/2018).
Lima tim tersebut, lanjut Ahmad, disesuaikan dengan zona grouping cabang olahraga yang diterapkan di Papua pada tahun 2020 nanti. Pelaksanaan pelatda sendiri dilakukan dengan berbagai kombinasi mulai dari sistem sentralisasi dan de-sentralisasi.
“Untuk tim, akan dipimpin oleh orang yang khusus yang akan menjadi wakil Ketua KONI. Kita pun akan melakukan sentralisasi khusus bagi cabang olahraga yang ditangani secara langsung oleh pelatih asal Korea Selatan,” tambahnya.
Selain itu, Ahmad mengaku akan menyebar pelaksanaan pelatda PON XX di setiap kota/kabupaten di Jabar. Dengan demikian, ada keterlibatan langsung dari pihak KONI kota dan kabupaten dalam penanganan atlet yang disiapkan untuk PON XX.
“Dengan keterlibatan dari KONI kota dan kabupaten serta pengprov cabang olahraga yang bersangkutan saat pelaksanaan pelatda, akan ada pendekatan berbeda kepada atlet. Mereka akan merasa memiliki atlet begitu pun sebaliknya. Termasuk dalam penyaluran anggaran,” tegasnya. (B3)