Koni Kota Cimahi Nyatakan Siap Menghadapi Porda XIII/2018

CIMAHI,- Kurang dari dua minggu lagi ajang multi event tingkat provinsi atau Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018 akan segera bergulir. Setiap kabupaten/kota yang akan ikut serta dalam pesta olahraga tersebut tentu sudah mempersiapkan diri dengan maksimal, tidak terkecuali dengan Kota Cimahi.

Wakil Ketua I KONI Kota Cimahi, Oland Siswanto mengatakan jika pihaknya sudah berkomitmen bersama para pengurus cabang olahraga (cabor) untuk meraih prestasi terbaik di Porda XIII Kabupaten Bogor.

Menurutnya pada Porda XIII, Kota Cimahi telah memasang target dimana pihaknya tidak ingin lagi berkutat di papan bawah klasemen prestasi olahraga Jawa Barat. “Insyaallah mulai tanggal 27 September 2018 ini kita sudah berangkat ke Kabupaten Bogor. Dalam menghadapi Porda, kita sudah melaksanakan persiapan yang cukup matang bahkan seluruh cabor sudah menyatakan siap untuk bersaing bersama kabupaten/kota lainnya,” ungkap Oland saat dijumpai di Sekretariat KONI Kota Cimahi, Kota Mas Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Selasa (18/9/2018)

Selain bersama para pengurus cabor, menurutnya KONI Kota Cimahi telah melakukan kordinasi serupa dengan pemerintah kota (Pemkot), bahkan pada hari ini pihaknya akan melakukan pertemuan untuk membahas persiapan yang akan dilakukan nanti.

“Kebetulan pada hari ini seluruh pengurus KONI Kota Cimahi akan bertemu dengan pak wali kota, untuk membahas segala persiapan dalam menghadapi Porda XIII, mungkin yang lebih disampaikan nanti itu dari unsur kepanitiaan (kontingen),” jelasnya.

Adapun jumlah atlet dan official yang akan di terjunkan oleh Kota Cimahi pada Porda XIII/2018 diperkirakan sekitar 500 orang, dimana sebanyak 340 nya merupakan atlet yang akan berlaga di 41 cabor yang akan dipertandingkan.

“Untuk jumlah keseluruhan tim Porda Kota Cimahi kurang lebih ada 500 orang, 340 diantaranya adalah atlet sedangkan sisanya merupakan pelatih dan official,”jelasnya.

Lebih lanjut untuk cabor yang nantinya dipredikai bisa mendulang banyak medali bagi Kota Cimahi diantaranya terdapat di cabor tinju, taekwondo, tarung derajat, catur , dayung, pentaquee, karate, bulutangkis senam dan panahan.

“Untuk cabor yang menjadi andalan kita di Porda diantaranya ada di tinju, taekwondo, tarung derajat, catur, dayung, senam dan panahan, pada beberapa cabor itu kita yakin bisa mendapatkan medali. Apabila target melebihi ekspektasi kita itu bonus bagi Kota Cimahi, harapannya kita bisa lebih,” kayanya.

Setelah Porda XIII, pihalnya berharap bisa menghadirkan wakil untuk Jawa Barat untuk dimajukan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua, seperti diketahui Porda XIII sendiri akan menjadi tolak ukur bagi Jawa Barat dalam menghadapi PON XX.

“Kami berharap nanti setelah Porda ada atlet asal Cimahi yang bisa ikut membela Jawa Barat di PON XX Papua seperti pada PON XIX Jawa Barat tahun 2026 lalu,” pungkasnya. (B3)