Kota Bandung Sasar Sirkuit Untuk Matangkan Tim

BANDUNG,- Tim bulu tangkis Kota Bandung terus mempersiapkan diri untuk menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII. Selain menjalani latihan intensif sebagai program reguler, tim Kota Bandung juga menyasar pertandingan-pertandingan sirkuit untuk menempa para atletnya.
“Program-program tryout sudah ada dalam rencana kami untuk persiapan tim. Kami juga akan mengupayakan untuk mengirim atlet ke sirkuit-sirkuit nasional yang digelar tidak jauh dari Kota Bandung,” ujar Asisten Manajer Tim bulu tangkis Kota Bandung Oki Rianto, Senin (19/2/2018).
Dia mengatakan, program pertandingan uji coba akan mulai rutin digelar mendekati pelaksanaan putaran final Porda. Saat ini, tim bulu tangkis yang beranggotakan 21 atlet baru akan memulai program latihan intensif setelah beberapa waktu lalu menjalani rangkaian pertandingan babak kualifikasi Porda. Pada babak kualifikasi Porda, tim Kota Bandung mampu meloloskan seluruh atletnya ke semua nomor.
“Kami sudah menjalani latihan rutin sebagai bagian persiapan menuju babak utama Porda. Dalam perjalanan, pasti akan ada pertandingan-pertandingan untuk menguji hasil latihan yang sudah dijalani oleh para atlet,” kata Oki.
Dua sirkuit nasional yang dibidik sebagai ajang menempa kualitas atlet adalah sirkuit nasional di Kota Bandung dan Malang. Dari dua turnamen tersebut, para atlet Kota Bandung diharapkan dapat memetik banyak manfaat sebelum nantinya berlaga pada putaran final Porda.
Putaran final Porda XIII cabor bulu tangkis akan mempertandingkan 8 nomor, yakni perseorangan putra putri, ganda putra putri, beregu putra putri gada campuran, dan beregu Sudirman.
Plt Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Bandung Gun Gun Germania berharap, tim Kota Bandung bisa meraih minimal jumlah medali emas yang sama seperti saat mereka juara umum edisi 2014, yakni empat medali.
“Persaingan memang akan sangat berat karena daerah-daerah lain juga punya komposisi atlet kuat dan persiapan bagis. Namun kami berharap bisa mempertahankan gelar juara umum, minimal meraih medali emas dengan jumlah yang sama seperti pada Porda di Kabupaten Bekasi,” kata Gun Gun.
Kota Bandung adalah juara umum cabang olah raga bulu tangkis pada edisi Porda 2014 di Kabupaten Bekasi. Dari tujuh medali emas yang diperebutkan, saat itu Kota Bandung mampu merebut empat medali emas dari nomor beregu putra, beregu putri, tunggal putra, dan tunggal putri.
“Saat ini tim mulai bersiap untuk menghadapi kompetisi Porda yang sebenarnya. Kami berharap para atlet bisa berkontrasi penuh pada persiapan tanpa memikirkan masalah-masalah lain di luar lapangan, termasuk soal dana operasional atau uang saku. Masalah di luar lapangan, biar kami urus,” kata Gun Gun.(B7)