Pelaksanaan Porda Jabar Idealnya Dua Tahun Sekali

SOREANG,- Dukungan pemerintah pusat yang menginginkan pelaksanaan PON menjadi dua tahun, membuat pelaksanaan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) di Jawa Barat juga harus menyesuaikan, sehingga pada pelaksanaan kedua even tersebut nantinya bisa ternsinkronisasi dengan baik.

Ketua KONI Kabupaten Bandung, Herda M. Gani, dalam  konsolidasi KONI Kabupaten Bandung di arena pemancingan Desa Mangunjaya, Arjasari, Kamis (10/5/2018) mengatakan, pelaksanaan Porda Jabar juga sebaiknya menerapkan tuan rumah bersama untuk menekan adanya upaya kecurangan meraih juara umum.

Dia menambahkan, pemerintah pusat sudah menetapkan PON sebagai ajang dua tahunan sehingga Porda Jabar harus menyesuaikan. “Kalau Oktober nanti Porda Jabar di Kabupaten Bogor, maka dua tahun lagi idealnya ada Porda untuk persiapan PON,” katanya.

Herda mengatakan, KONI Kabupaten Bandung beserta pengurus cabang olah raga dan atlet, siap apabila Porda Jabar digelar dua tahun sekali. “Tinggal pemerintah siap dengan anggarannya atau tidak? Sebab ikut Porda butuh dana yang tak sedikit,” ucapnya.

Soal persiapan menjelang Porda, Herda mengatakan, pihaknya sudah mengadakan tes fisik tahap pertama dan akan dilanjutkan tes fisik tahap kedua setelah lebaran. “Kami menargetkan Kabupaten Bandung bisa masuk peringkat lima besar dalam Porda Jabar. Kami mengandalkan atlet-atlet binaan sendiri,” ujarnya.

Target itu bisa tercapai apabila atlet Kabupaten Bandung bisa meraih antara 25-30 emas dalam Porda Jabar mendatang. “Dalam Porda Jabar tahun 2014 Kabupaten Bandung menempati peringkat ketujuh sehingga target kami naik tahun ini,” katanya. (B6)