Peringkat 10 Besar Jadi Incaran Kab. Subang di Porda Jabar XIII/2018

SUBANG,-  Kabupaten Subang bertekad untuk menembus jajaran 10 besar pada gelaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII pada Oktober 2018 mendatang di Kabupaten Bogor. Target 20 medali emas pun menjadi incaran Kota Nanas di ajang multieven olahraga empat tahunan terakbar di Jawa Barat ini.
“Untuk menghadapi Porda Jabar XIII, kita sudah siap dengan target tembus 10 besar. Kita memiliki beberapa cabang olahraga unggulan yang kita yakini menjadi tambang medali emas bagi Subang di Porda Jabar XIII. Cangan olahraga apa saja, kita rahasiakan dulu. Lihat saja nanti di Porda Jabar XIII,” ujar Ketua Umum KONI Kabupaten Subang, Yoyo Kustrio saat ditemui usai kegiatan Rapat Kerja (Raker) KONI Kabupaten Subang di Vila Sari Alam, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (14/4/2018).
Pada Porda Jabar XII tahun 2014 di Kabupaten Bekasi, lanjut Yoyo, Kabupaten Subang hanya meraih sebanyak sembilan medali emas. Dan untuk Porda Jabar XIII pada Oktober 2018 mendatang di Kabupaten Bogor, pihaknya memiliki target minimal raihan medali emas sebanyak 20 keping.
“Hingga saat ini, semuanya sudah sesuai dengan program pembinaan olahraga prestasi yang kita susun. Masih on the track, jadi kami cukup optimistis bisa berprestasi lebih baik dari pelaksanaan Porda Jabar sebelumnya di Kabupaten Bekasi,” terangnya.
Untuk Porda Jabar XIII sendiri, Kabupaten Subang telah berhasil meloloskan sebanyak 120 atlet di 23 cabang olahraga dari total 60 cabang olahraga yang dipertandingkan. Pihaknya akan mengirim semua atlet yang telah berhasil lolos ke Porda Jabar XIII dari pelaksanaan babak kualifikasi di cabang olahraga masing-masing.
“Kita tidak melihat atlet ini lolos ke Porda Jabar XIII setelah menempati peringkat berapa pun di babak kualifikasi. Yang terpenting mereka telah berhasil lolos ke Porda Jabar XIII, sekaligus menjadi apresiasi kita atas kerja keras mereka berjuang di babak kualifikasi. Kami pun yakin jika pada laga sebenarnya di Porda Jabar XIII, mereka bisa lebih baik,” tegasnya.
Selain dari sisi persiapan dan semangat para atlet, komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang dalam mendukung segala persiapan menuju Porda Jabar XIII menjadi suntikan semangat bagi pihaknya dan para atlet. Dengan dukungan anggaran sebesar Rp2 miliar yang baru diterima KONI Kabupaten Subang, Pemkab Subang dan DPRD Kabupaten Subang pun berkomitmen untuk menambah suntikan dana untuk kesiapan menuju Porda Jabar XIII.
“Kita sudah sepakat dengan Pak Bupati dan DPRD Kabupaten Subang akan kembali disuntik bantuan anggaran sebesar Rp10 miliar pada (APBD) Perubahan sehingga Insha Allah akan menjadi Rp12 miliar. Ini membuat kita semakin semangat dengan simpati dan kepedulian dari pemerintah. Semoga Subang semakin berjaya di Porda Jabar XIII untuk mendukung target Jabar Kahiji di Tanah Papua pada Tahun 2020,” pungkasnya. (B8)