Pimpin Pertina Kota Bandung lagi, Juniarso Ridwan Bidik Target Porda

BANDUNG,- Juniarso Ridwan kembali terpilih untuk memimpin Pengurus Cabang Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Bandung. Realisasi target empat emas Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 menjadi fokus Juniarso pada periode kedua masa kepemimpinannya.

“Target empat emas yang diminta KONI Kota Bandung memang cukup berat. Tapi kami akan berjuang. Enam belas atlet sudah lolos dari babak kualifikasi dan ada peningkatan kualitas. Dengan persiapan maksimal, saya optimistis, meskipun berat, target itu bisa dicapai,” ujar Juniarso di Sekretariat Pertina Kota Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (5/6/2018).
Juniarso Ridwan terpilih secara aklamasi oleh 16 sasana aktif di bawah naungan Pertina Kota Bandung. Dia merupakan kandidat ketua satu-satunya pada musyarawah cabang yang digelar di Hotel Kedaton, Jalan Suniaraja, Kota Bandung, Minggu (3/6/2018) malam.
Selain fokus menghadapi Porda, kata Juniarso, program yang akan segera dia lakukan adalah meningkatkan frekuensi pertandingan-pertandingan tinju dengan melibatkan sebanyak mungkin atlet dari sasana-sasana tinju di Kota Bandung. Pergelaran pertandingan tinju tersebut akan diupayakan agar digelar secara periodik.
“Kami ingin mengintensifkan lagi pertandingan-pertandingan tinju yang sempat vakum, minimal tiga bulan sekali harus digelar pertandingan dan terus dilakukan secara simultan. Dengan demikian, pembinaan atlet bisa berjalalan baik, muncul sasana-sasana baru, dan kami berharap akan bisa menemukan atlet-atlet potensial untuk meningkatkan pretasi tinju Kota Bandung khususnya,” ujar Juniarso.
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Bandung Aan Johana berharap, terpilihnya kembali Juniarso Ridwan akan membuat Pertina Kota Bandung bisa lebih kompetitif dalam persaingan olah raga tinju di Jawa Barat. Aan pun menegaskan, persaingan perebutan medali emas Porda akan menjadi tantangan terdekat yang harus dihadapi oleh Pertina Kota Bandung.
“Dari sisi penataan organisasi, pembinaan sasana-sasana, dan peningkatan prestasi sudah baik, semoga bisa lebih kompetitif lagi. Pada Porda sebelumnya, tinju Kota Bandung hanya meloloskan 7 atlet dan meraih 1 emas. Tapi untuk di Bogor nanti, sudah 16 atlet lolos kualifikasi, itu peningkatan luar biasa dan kami harap bisa diikuti dengan peningkatan raihan medali emas, semoga sesuai target, yakni empat emas,” kata Aan.
Dia juga berharap, misi Pertina Kota Bandung untuk menghidupkan kembali atmosfer kejuaraan dengan menggelar pertandingan secara periodik akan bisa terwujud. Banyaknya kejuaraan kompetitif membuka peluang munculnya atlet-atlet tinju potensial yang kelak diharapkan bisa diandalkan untuk berbagai ajang.

“Tinju Bandung pernah merasakan zaman keemasan dulu. Semoga era itu bisa segera terulang, baik di level amatir maupun tinju profesional,” kata Aan. (B2)