Pokja Mutasi atlet Porda Baru Selesaikan 20 Permohonan Mutasi

BANDUNG,- Ketua tim pokja mutasi atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018, Agus Salide menuturkan dari 366 permohonan mutasi atlet baru sekitar 20 kasus yang dianggap sudah selesai. Baik itu yang diterima ataupun ditolak mutasinya.

Menurutnya setidaknya dari 20 permohonan mutasi tersebut, delapan diantaranya ditolak. Jumlah 366 atlet yang mengajukan mutasi sendiri tercatat sebelum babak kualifikasi cabor dialaksanakan. Sehingga tidak sedikit atlet yang ingin melakukan perpindahan gugur dengan sendirinya saat BK.

“Kami sudah mengkompilasi, tidak terlalu banyak penambahan mutasi. Dari 366 baru 20 yang sudah diselesaikan persoalannya. Dan kami tetap bersepakat akan merekomendasikan kepada ketua setelah diverifikasi administrasinya. Kami tidak ingin kemudian hari justru ada sengketa. Persyaratan mutasi harus benar-benar dipenuhi atlet dan penerima atlet. Kita melihat dari acuan itu saja,” kata Agus di Sekretariat KONI Jabar, Jl. Pajajaran No. 37A Bandung, Rabu (21/3/2018).

Ia juga menegaskan permohonan mutasi atlet dari provinsi lain akan menjadi perhatian khusus sesuai dengan perintah Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin. Karena persoalan mutasi atlet dari luar provinsi erat kaitannya dengan pelaksanaan multi event ditingkat nasional.

“Ketum KONI sudah memberi perintah kepada tim pokja bahwa mutasi atlet dari luar provinsi mendapat atensi khusus. Karena ke depannya ini berpotensi menjadi masalah. Misalnya atlet ini juara di porda dan masuk tim PON Jabar, kemudian dipermasalahkan oleh provinsi asalnya. Itu kita harus hindari,” katanya.

Menurutnya, untuk mutasi atlet dari provinsi lain masih dalam proses verifikasi. Pasalnya masih ada yang belum menyerahkan kelengkapan administrasinya. Padahal atlet yang bersangkutan sudah mengikuti BK.

“Kalau yang lolos BK dan tidak ada yang mempersoalkan kami ingin meminta pengprovnya untuk membuat jaminan bahwa tidak akan terjadi permasalahan. Hanya saja kelengkapan administrasi harus tetap dipenuhi. Ini masih berjalan,” ujarnya. (B5)