Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor Terbanyak Gelar Cabang Olahraga

BOGOR,- Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII pada Oktober 2018 mendatang di Kabupaten Bogor, akan menjadi gelaran multieven olahraga terakbar di Jabar yang mempertandingkan cabang olahraga terbanyak. Tidak hanya di tingkat Jabar namun juga di level nasional.
Porda Jabar XIII sendiri akan mempertandingkan sebanyak 60 cabang olahraga dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 879 nomor. Sedangkan untuk Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jabar V, akan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 502 nomor.
“Hal ini perlu disyukuri dan memberikan kebanggaan khusus bagi Kabupaten Bogor. Ini karena tercatat sebagai Porda yang paling banyak mempertandingkan cabang olahraga dan nomor pertandingan. Pada Porda Jabar XII di Kabupaten Bekasi tahun 2014 dipertandingkan sebanyak 52 cabor dan pada Porda Jabar XI tahun 2010 di Kota Bandung hanya mempertandingkan 46 cabor,” ujar Ketua Umum PB Porda Jabar XIII & Peparda Jabar V Tahun 2018 sekaligus Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, Kamis (29/3/2018) malam.
Dengan jumlah cabang olahraga tersebut, lanjutnya, Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor akan memperebutkan sebanyak 4417 keping medali. Terdiri dari 2204 keping medali emas, 2212 keping medali perak, dan 3001 keping medali perunggu.
“Sementara untuk Peparda Jabar V, jumlah medali yang diperebutkan sebanyak 1506 keping medali dengan rincian 502 keping medali emas, perak dan perunggu,” tambahnya.
Pertandingan di 60 cabang olahraga tersebut, lanjutnya, akan digelar di wilayah Kabupaten Bogor dan di beberapa kota/kabupaten di Jabar. Sebanyak 48 cabang olahraga, akan dipertandingkan di wilayah Kabupaten Bogor. Sedangkan 12 cabang olahraga tersebar di beberapa kota/kabupaten seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kota Bogor, dan Kabupaten Pangandaran.
“Untuk pertandingan 48 cabang olahraga di wilayah Kabupaten Bogor, kita siapan 13 venue diantaranya di stadion Pakansari, GOR Laga Tangkas, GOR Laga Staria, kawasan puncak, pangkalan udara Atang Senjaya, dan beberapa venue di milik instansi swasta maupun pemerintah. Kita pun sudah berkordinasi dengan kota dan kabupaten lain yang menjadi lokasi pertandingan. Ini sebagai bukti semangat kebersamaan diantara kita menyertai semangat sportivitas untuk mendukung dan menyukseskan seluruh proses kegiatan Porda Jabar XIII,” tegasnya. (B1)