Pordasi Jabar Gelar Diklat Untuk Para Joki

BANDUNG, – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jawa Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas joki berkuda dengan menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) terpadu.

Sekretaris umum Pordasi Jabar, Yeyen Rusyana Dian mengkalim jika program diklat yang diberikan kepada para jokinya tersebut merupakan pilot project yang diharapkan bisa ditiru oleh pengprov Pordasi se Indonesia.

“Ini merupakan langkah yang cukup bagus bagi Pordasi Jabar. Program yang kita gagas ini kita harapkan menjadi pilot project yang positif karena ini pertamakalinya dilaksanakan di Indonesia.  Dimulai sejak Porda nanti joki yang tampil tidak akan sembarangan naik kuda. Tapi mereka benar-benar yang sudah layak dan teruji serta suddah mendapatkan sertifikat diklat ini,”ungkap Yeyen.

Bahkan ia meyakini jika dilakukan secara berkesinambungan, kualitas joki yang dimiliki Jabar akan semakin meningkat. Seperti diketahui sebanyak 36 atlet dari 13 pengcab di Jabar yang mengikuti babak kualifikasi (BK) Porda 2018 untuk pacuan kuda yang digelar di arena pacu Legok Jawa, Kabupaten Pangandaran, Minggu (7/1/2018) lalu mengikuti diklat tersebut.

“Ini terobosan baru agar pola pembinaan atlet berkuda semakin berkualitas. Tidak seperti sebelumnya, kualitas antara senior dan junior jaraknya jauh. Tapi saya yakin dengan begini dapat memotivasi atlet-atlet untuk lebih baik lagi, Animo orang untuk menjadi atlet berkuda pun bisa meningkat,”tegasnya. (B5)