Salip Bandung Juara, No-Kachi Karate Team gondol Piala Kajati Jabar-Karate Open Championship 2018

BANDUNG,- Selalu tertinggal dalam perolehan medali sejak awal kejuaraan, kontingen No-Kachi Karate Team  (NKKT) asal Kabupaten Bandung akhirnya malah tampil sebagai juara umum Kajati Jabar-Karate Open Championship 2018. Gelar juara dipastikan NKKT setelah meraih tambahan 3 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu pada hari terakhir kejuaraan di  Grha Laga Tangkas, komplek SPORT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (20/7/2018).
NKKT menjadi juara umum meskipun memiliki koleksi medali emas yang sama dengan kontingen Bandung Juara, yakni 10 emas. Namun, NKKT unggul perolehan medali perak dan perunggu, yakni 8 perak dan 10 perunggu sehingga total mengumpulkan 28 medali dibandingkan Bandung Juara dengan 3 perak dan 3 perunggu (total 16 medali. Bandung Juara yang  sejak awalkejuaraan selalu memimpin perolehan medali harus rela menempati peringkat dua, diikuti oleh the Gunners Karate A asal Kabupaten Bandung Barat yang mengumpulkan 8 medali emas, 4 perak, 4 perunggu.
Tambahan tiga medali emas NKKT pada hari terakhir kejuaraan dipersembahkan oleh Jason Riadi (Inkanas) yang mengalahkan Kevin Alfauzan BKC/The Gunners Karate A) pada final kumite perseorangan putra -35 kg pemula, Albasit Maulana (Inkanas) yang mengalahkan Gandi Muhammad (BKC/The Gunners) pada final kumite perseorangan putra -52 kg cadet, dan Farhan Nugraha (Inkanas) yang mengalahkan M. Qeeshan (Inkai/Hikari Dojo) pada final kumite perseorangan +70 kg cadet.
Manajer No-Kachi Karate Team yang juga Binpres FORKI Kabupaten Bandung, Harisman menilai, pencapaian timnya sangat patut diapresiasi mengingat persiapan yang tergolong minimal. Tim ini sendiri merupakan gabungan dari atlet Porda dan atlet dojo-dojo di Kabupaten BAndung yang sbeagian besar merupakan atlet junior sampai kadet.
“Alhamdulilah sudah diberi keselamatan dan kemenangan. Kita meraih juara umum kadet. Kami memang menargetkan hasil terbaik meskipun sebenarnya berharap raihan emas lebih karena lapis satu tim Porda banyak yang tidak turun,” ujar Harisman.
Kajati Jabar-Karate Open Championship 2018 merupakan  kejuaraan yang digelar FORKI Jabar dan KONI Jabar berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi Jabar. Kejuaraan ini menjadi bagian dari peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa ( hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia) ke-58 yang sekaligus menjadi ajang Sirkuit III.  Kejuaraan ini diikuti oleh 1.008 atlet karate.
Mereka merupakna anggota 64 kontingen yang berasal dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat.  Kajati Jabar-Karate Open Championship 2018 memperebutkan 70 medali emas, 70 medali perak, dan 140 medali perunggu  dalam rangkaian pertandingan mulai dari kelas pra usia dini, usia dini, prapemula, hingga senior putra putri dengan total hadiah uang pembinana mencapai Rp 70 juta. (B2)