Sebanyak 361 Atlet Ikuti Babak Kualifikasi Porda Jabar XIII Cabor PABBSI

BANDUNG,- Babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII tahun 2018 cabang olahraga angkat besi, angkat berat, dan binaraga, dipastikan akan diikuti oleh 316 atlet yang berasal dari 20 kota dan kabupaten di Jabar. Babak kualifikasi Porda Jabar XIII tahun 2018 cabang olahraga angkat besi, angkat berat, dan binaraga sendiri akan digelar di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (12/12/2017) hingga Kamis (21/12/2017).
Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga (PABBSI) Jabar, Agus Gumilar menuturkan, jumlah atlet yang akan mengikuti babak kualifikasi tersebut masih memungkinkan bertambah. Pasalnya, sekitar tiga kota/kabupaten belum mendaftarkan atletnya hingga saat ini.
“Ke-361 atlet itu terbagi di angkat besi sebanyak 109 atlet, lalu 104 atlet di angkat berat dan sebanyak 103 di binaraga. Untuk pendaftaran sendiri masih kita buka menjelang babak kualifikasi dimulai dan empat daerah yang belum mendaftar yakni Kota Banjar, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bogor,” ujar Agus saat ditemui di GOR PABBSI, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (6/12/2017).
Dari 316 atlet yang sudah terdaftar mengikuti babak kualifikasi, lanjut Agus, didominasi oleh atlet-atlet junior. Hanya sebagian kecil saja atlet senior yang masih membela kota/kabupaten untuk gelaran Porda Jabar XIII tahun 2018 di Kabupaten Bogor.
“Ini sangat membanggakan bagi kami karena menandakan jika regenerasi atlet dan pembinaan di daerah berjalan. Banyak atlet junior yang didaftarkan oleh kota dan kabupaten untuk mengikuti babak kualifikasi,” tambahnya.
Untuk babak kualifikasi sendiri, akan mempertandingkan 43 nomor yang juga dipertandingkan di ajang Porda Jabar XIII. Yakni delapan nomor di angkat besi putri, sembilan nomor di angkat besi putra, delapan nomor di angkat berat putra, delapan nomor di angkat berat putri, serta 10 nomor di binaraga.
“Untuk jadwal pertandingan dimulai dari angkat berat pada 12-16 Desember, dilanjutkan binaraga pada 16-17 Desember, lalu angkat besi pada 17-21 Desember,” tegasnya. (B3)