Softball Porda XIII Jabar Tahun 2018 Diikuti Lima Kota/Kabupaten

BANDUNG,- Setelah dipastikan dipertandingkan pada perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat tahun 2018 di Kabupaten Bogor, cabang olahraga Softball akan diikuti lima tim putra dan empat tim putri. Kelima tim putra dan empat tim putri tersebut berdasarkan hasil dari babak kualifikasi yang digelar Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Baseball Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jabar.
Sekretaris Umum Pengprov Perbasi Jabar, Arfan Julianto menuturkan, dipertandingkannya cabang olahraga softball di Porda XIII Jabar menjadi salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2020 di Papua. Pasalnya, pada PON XIX tahun 2018, softball Jabar gagal mendulang medali.
‎”Untuk softball di PON XIX, gagal sumbang medali sedangkan cabang olahraga baseball meraih medali perunggu. Ini jadi salah satu evaluasi kepengurusan yang baru di Perbasasi Jabar untuk bisa berprestasi di PON XX. Salah satunya dengan memperbanyak kompetisi untuk mengasah kemampuan atlet,” ujar Arfan saat ditemui di lapangan softball Lodaya, Jalan Lodaya Kota Bandung, Minggu (29/7/2018).
Kelima tim putra dan empat tim putri yang akan berlaga di Porda XIII Jabar, berasal dari lima kota/kabupaten. Yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cirebon, Kota Bogor, dan tuan rumah Kabupaten Bogor. Hanya Kota Cirebon yang gagal menempatkan wakilnya di cabang olahraga softball putri.
“Dengan keikutsertaan lima ‎daerah, ini sudah sangat bagus bagi kita. Olahraga softball maupun baseball sendiri belum terlalu populer di masyarakat. Karena itu, kita terusa berupaya menggelar kompetisi dan salah satunya dengan dipertandingkan di Porda XIII Jabar tahun 2018 ini,” tuturnya.
‎Pada Porda XIII Jabar di Kabupaten Bogor, pertandingan cabang olahraga softball akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Untuk babak selanjutnya, akan diterapkan sistem page system seperti layaknya di pertandingan softball atau baseball.
“Untuk venue sendiri, kita akan memiliki dua opsi. Yakni di lapangan softball di kawasan Sentul atau‎ di kawasan kampus IPB,” tambahnya.
Sedangkan untuk cabang olahraga baseball, pihaknya mencari kompetisi pengganti karena tidak dipertandingkan di Porda XIII Jabar. Salah satunya turnamen baseball ‘Piala Gubernur Jabar 2018’ yang sudah digelar pekan lalu di lapangan baseball SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik Kota Bandung.
“Bahkan untuk baseball, kita sudah menggelar seleksi untuk persiapan Pelatda PON XX Jabar jangka panjang selama 3 sampai 4 tahun. ‎Semoga saja dengan upaya sejak dini mempersiapkan atlet, prestasi baseball maupun softball Jabar di PON XX bisa meningkat dan meraih medali emas,” tegasnya. (B1)