Sri Ranti Raih Emas Pertama SEA Games 2017, KONI Jabar: Otentifikasi Pembinaan Olahraga Jabar

BANDUNG,- Medali emas pertama kontingen Indonesia di ajang SEA Games XXIX/2017 Malaysia disumbangkan dari cabang olahraga panahan melalui atlet panahan putri asal Jawa Barat, Sri Ranti. Perpanah asal Kabupaten Sukabumi ini mempersembahkan medali emas dari nomor compound individual putri setelah mengalahkan atlet Vietnam, Chau Kieu Oanh dengan skor 144-142 di Synthetic Turf Field, National Sports Council, KL Sports City, Rabu (16/8/2017).

Keberhasilan Sri Ranti menjadi atlet penyumbang medali emas pertama bagi Indonesia di ajang SEA Games XXIX/2017, diakui Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin sudah diprediksi sebelumnya. Sri Ranti sendiri merupakan peraih medali emas cabang olahraga panahan nomor coumpound individual putri di ajang PON XIX/2016 silam.

“Kita sudah prediksi jika Sri Ranti mampu meraih medali emas di SEA Games 2017. Dan kita pun sangat bangga dengan pencapaian prestasi yang diraih Sri Ranti. Ini merupakan bukti otentik dari proses pembinaan yang dilakukan Jabar,” ujar Ahmad Saefudin saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (18/8/2017).

Atlet kelahiran Sukabumi, 10 Desember 1989 tersebut, lanjut Ahmad, merupakan salah satu atlet andalan Jabar di cabang olahraga panahan. Cabang olahraga panahan sendiri merupakan salah satu cabang olahraga andalan Jabar dan mampu menyumbangkan empat medali emas pada saat PON XIX/2016 lalu.

“Cabang olahraga panahan ini kan terukur. Jadi apa yang dicapai Sri di Malaysia, sesuai dengan perkiraan dan perhitungan kita,” terangnya.

Selain dari cabang olahraga panahan, lanjut Ahmad, pihaknya pun memprediksi beberapa atlet asal Jabar masih berpeluang menyumbangkan medali emas. Diantaranya dari cabang olahraga renang dan judo.

“Di renang kita punya Fadlan (Prawira) dan dari cabang olahraga Judo kita punya nama Horas Manurung. Tapi bukan berarti atlet asal Jabar yang membela Indonesia di SEA Games 2017 tidak punya peluang. Kita ada 163 atlet di komposisi kontingen Indonesia untuk SEA Games 2017,” paparnya.

Pencapaian prestasi Sri Ranti serta kontribusi Jabar untuk timnas Indonesia pada SEA Games 2017, sekaligus pembuktian terhadap visi olahraga yang diusung KONI Jabar. Yakni tidak hanya mencetak prestasi di level nasional, namun juga mendukung pencapaian prestasi Indonesia di ajang internasional seperti SEA Games.

“Jadi kalau pun atlet kita gagal meraih medali, bukan semata-mata karena kemampuan mereka tidak baik. Tapi ada faktir lain seperti proses peaksanaan pelatihan dari pusat yang kita ketahui tidak selamanya berjalan mulus dan upaya semua negara untuk menjadi yang terbaik. Dan untuk yang mencetak prestasi, kita ucapkan terimakasih dan tidak bisa dinilai dengan uang karena apa yang sudah mereka torehkan sudah sangat luar biasa. Kita berencana mendukung perjuangan atlet secara langsung di Malaysia bersama dengan perwakilan provinsi, serta DPRD Jabar,” tegasnya. (B3)