Sumbang Medali di SEA Games, Ini Misi Monica Selanjutnya

BANDUNG,- Usai berjuang di medan laga SEA Games XXIX/2017 di Malaysia, Agustus lalu, serta sukses menyumbang satu medali perak bagi kontingen Indonesia, atlet wushu Jawa Barat, Monica Pransisca Sugianto tak lantas berpuas diri dan berleha-leha.

Justru saat ini ia tengah meneruskan program latihan bersama tim pelatnas wushu Indonesia untuk mempesiapkan diri menuju ajang Kejuaraan Nasional Wushu 2017 pada tanggal 26-29 Oktober 2017 mendatang sebagai bahan evaluasi menuju gelaran bergengsi Asian Games XVIII/2018.

“Ya setelah SEA Games kemarin sih masih lanjut latihan di Pelatnas. Sambil menunggu pembaharuan surat keputusan (SK) Asian Gemes, kita mempersiapkan diri untuk Kejurnas senior buat evaluasi menuju Asian Gemes,” kata Monic yang meraih medali perak dari nomor daoshu (golok).

Atlet kelahiran Sukabumi, 31 Januari 1994 silam ini awalnya mengaku minder ketika harus berada di tengah-tengah atlet yang sudah lebih dulu merasakan pahit manisnya berada di camp pelatnas Indonesia. Namun tekadnya yang kuat, Monic mampu beradaptasi dengan baik dan berhasil unjuk gigi untuk mengharumkan nama Indonesia dengan menyumbankan medali pertamaya dia ajang SEA Games.

“Pada awalnya Monic latihan di pelatnas minder. Karena Monic satu-satunya atlet yang baru masuk pelatnas, Tapi lama-lama Monic bisa lewatin semua itu. Banyak pelajaran dan ilmu yang Monic dapat selama pelatnas sampai bisa dapat medali pertama SEA Games. Bersyukur, bahagia, kaget, berasa mimpi,”terangnya.

Ia berharap, torehan tersebut menjadi modal untuk kembali tampil di ajang yang lebih bergengsi, Asean Games. Meski demikian dari tiga nomor yang sering ia ikuti yaitu chang quan (tangan kosong), daoshu (golok) dan gunshu (toya), hanya satu nomor saja yang dipertandingankan di Asian Gems 2018 mendatang.

“Iya kalo buat Asian Games, Monic harus bisa ngejar di nomor tangan kosong. Soalnya dua nomor lainnya tidak dipertandingkan. Tapi untuk Kejurnas, Monic tetap turun di tiga nomor. Semoga semuanya lancar, dan Monic bisa kembali tampil di Asian Games. Terus berprestasi lebih tinggi dan lebih tinggi lagi, tentunya atas izin Allah,” tegas Monic menutupkan. (B5)