Supervisor Porda Diberikan Pembekalan

BANDUNG,- Menghadapi pelaksanaan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XIII/2018 Kabupaten Bogor yang sudah semakin dekat, KONI Jawa Barat memberikan pembekalan kepada para supervisor di masing cabang olah raga.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jabar, Yunyun Yudiana mengatakan, pembekalan untuk supervisor Porda ini merupakan yang pertama, dan rencananya kedepan akan kembali diadakan tiga sampai lima kali pembekalan lagi.

“Supervisor cabang olah raga di Porda in imerupakan kepanjangtanganan KONI. Mereka mempunyai visi disamping mensukseskan pertandingan juga menciptakan sebuah formula rekrutmen atlet unggulan dan potensial yang nantinya akan kita bina untuk PON 2020 di Papua,”tutur Yunyun, usai acara pembekalan di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Rabu (14/2/2018).

Selain itu, para supervisor ini tugasnya akan memantau pelaksanaan Porda apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak, sehingga dengan adanya supervisor ini bisa memantau langsung demi kelancaran pelaksanaan pesta olah raga multieven terbesar di Jawa Barat ini.

Para supervisor yang telah ditunjuk oleh masing-masing cabang olah raga ini sudah mulai bekerja. Mereka akan saling berkoordinasi dengan technical delegate, panitia pelaksana, dan KONIda di kota serta kabupaten.

Dengan demikian pada saat pelaksanaan Porda nanti, para supervisor ini benar-benar paham akan ke arah mana pelaksanaan Porda XIII/2018 Kabupaten Bogor nanti. Karena Porda ini bukan hanya sekedar miniature PON saja tetapi juga menjadi parameter awal untuk pembinaan atlet selanjutnya.

“Porda menjadi ukuran sejauh mana prestasi yang telah dicapai atlet yang ada di kota dan kabupaten, yang nantinya bsia dijadikan sebagai atlet unggulan dan potensial Jabar untuk PON 2020,”katanya.

Selain pembekalan, para supervisor ini juga akan diberikan arahan melalui rapat koordinasi mengenai impelementasi secara faktual di lapangan, termasuk dalam menghadapi kendala yang ada, mengingat secara akuntabilitas ini masuk kedalam ranah ruang lingkup pelaksanaan PB Porda.

“Untuk jumlah supervisor sesuai dengan jumlah pengcab peserta di Porda. Tupoksi supervisor ini disamping mengawasi, juga memberikan masukan ke technical delegate dan panitia pelaksana, termasuk memberikan pelayanan kepada peserta Porda dan memberikan masukan kepada cabang olah raga terkait formula rekrutmen yang baik untuk memperoleh atlet yang unggul,”ujarnya.

Yunyun mengatakan, KONI Jabar akan melaksanakan usulan dari supervisor yang ingin melakukan pertemuan dengan technical delegate, panitia pelaksana, dan PB Porda, sehingga para supervisor ini bisa mengetahui posisinya seperti apa.

“Jadi supervisor ini pososinya bearad di atas, karena yang mengetahui tentang cabor adalah mereka, sehingga jika terjadi hal di lapangan maka maka akan menjadi tuga supervisor. Dan penugasan supervisor di Porda ini baru pertama kali,”tutur Yunyun. (B2)