Tachyan Iskandar Diberhentikan Sebagai Ketua Bidang Bola Voli Indoor PBVSI Jabar

BANDUNG,- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jawa Barat akan melakukan revitalisasi kepengurusan. Salah satu jabatan yang diganti yakni posisi Ketua Bidang II Pembinaan dan Prestasi Pengprov PBVSI Jabar yang sebelumnya dijabat Yamin Nuriman kini digantikan Gugi Gustaman sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Selain itu, memberhentikan Tachyan Iskandar sebagai Kepala Bidang Bola Voli Indor Pengprov PBVSI Jabar masa bakti 2015-2019.
Ketua Umum Pengprov PBVSI Jabar, H MQ Iswara menuturkan, revitalisasi kepengurusan sendiri dilakukan karena ada pengurus yang tidak aktif, memiliki jabatan rangkap di organisasi olahraga, atau karena berhalangan tetap. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga berjalannya fungsi organisasi lebih baik kedepan.
“Untuk revitalisasi kepengurusan ini, merupakan keputusan rapat pleno rapat pleno pengurus dan disahkan pada saat pelaksanaan rapat kerja provinsi (rakerprov) PBVSI Jabar 2018 pada akhir pekan lalu,” ujar Iswara saat ditemui di sekretariat Pengprov PBVSI Jabar, Jalan Lodaya Kota Bandung, Selasa (13/3/2018).
Posisi Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi sendiri, lanjut Iswara, merupakan salah satu posisi vital dalam organisasi keolahragaan. Melalui bidang ini, disusun beberapa kebijakan yang akan menentukan pola pembinaan olahraga bola voli Jabar kedepan.
“Apalagi kita akan menghadapi perhelatan Porda Jabar XIII dan bertekad untuk meningkatkan prestasi di ajang PON XX tahun 2020 mendatang di Papua. Kalau di PON XIX tahun 2016 kemarin, kita berhasil mempertahankan satu medali emas dari nomor indoor putri dan di PON XX kita berharap bisa meraih minimal dua medali emas,” terangnya.
Dengan pergantian posisi ini, diharapkan roda organisasi, khususnya dalam pembinaan olahraga bola voli di Jabar bisa kembali berjalan dengan baik untuk menyukseskan pelaksanaan Porda Jabar XIII target dua medali emas di PON XX tahun 2020. Gugi Gustaman sendiri dianggap cukup layak memegang posisi tersebut dengan berbagai pengalamannya. Baik sebagai pemain nasional maupun pelatih nasional.
“Pak Gugi itu punya kapasitas sebagai Plt.Ketua Bidang II Pembinaan dan Prestasi di Pengprov PBVSI Jabar. Tidak hanya dilihat dari pengalamannya sebagai atlet maupun pelatih nasional, beliau pun punya visi dan pemikiran yang baik dalam pembenahan pembinaan olahraga bola voli di Jabar. Bisa dibilang, dia merupakan legenda hidup bola voli Jabar dan nasional,” tegasnya.
Surat pemberhentian Tachyan Iskandar sebagai Ketua Bidang Bola Voli Indor Pengprov PBVSI Jabar tertanggal 2 Februari bernomor HK.0002. 4-003. 005. 2018. Surat sendiri ditembuskan kepada PP PBVSI dan KONI Jabar sebagai laporan. (B3)