Tarung Derajat Kota Bandung Turunkan Target di Porda

BANDUNG,- Tim tarung derajat Kota Bandung bertekad mempertahankan gelar juara umum pada Pora XIII/2018 di Kabupaten Bogor. Namun dari sisi raihan medali, Kota Bandung menurunkan target tinggi yang sebelunya dicanangkan.
“Sebelum babak kualifikasi, target kami 6 emas dan di BK itu tercapai. Namun dari sisi kualitas dan kuantitas, jumlah atlet yang lolos kualifikasi ternyata 80 persen, tidak 100 persen. Hal tersebut yang membuat kami menurunkan target, jadi 5 medali emas,” ujar Manajer sekaligus Pelatih Kepala Tim tarung derajat Kota Bandung Yayan Hartayan di Sekretariat KONI Kota Bandung.

Yayan optimistis, tim tarung derajat Kota Bandung akan mampu merealisasikan, bahkan melampaui target tersebut. Pasalnya, sejumlah atlet potensial yang gagal meraih emas pada babak kualifikasi, ternyata mampu menjadi juara pada sejumlah kejuaraan bergengsi yang dijadikan ajang uji coba.

“Pada beberapa level, atlet-atlet baru bisa meraih medali. Ada tiga atlet yang ranking 2 di BK Porda, mampu juara pada ajang tryout antar mahasiswa. Jadi atlet-atlet peraih perak di BK, potensinya sudah meningkat. Itu yang membuat kami lebih optimistis,” kata Yayan.

Yayan juga menilai, Kota Bandung masih akan unggul dalam persaingan, khususnya dengan Kabupaten Bogor yang berambisi jadi juara umum. Indikasinya adalah pada pelaksanaaan uji coba dengan Kabupaten Bogor bberapa waktu lalu.

“Pada ajang tryin di Bandung, tampak tim tarung derajat Bogor belum begitu siap. Secara umum Kota Bandung masih ada di atas mereka meskipun pada beberapa kelas memang bersaing,” kata Yayan.

Sementara itu, Ketua Kodrat Kota Bandung Ferdi Ligaswara menilai, persaingan pada Porda XIII nanti akan lebih kompetitif. Pasalnya, pembinaaan tarung derajat di masing-masing daerah sudah maju sehingga punya kualitas sepadan.
“Bukan hanya Kabupaten Bogor, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung juga kuat. Secara umum, daerah-daerah peserta Porda ini merata kekuatannya. Jadi target realistis memang minimal 4 medali emas, sama seperti Porda sebelumnya. Kalau bisa lebih bagus. Yang pasti harus tetap juara umum,” ujar Ferdi. (B10)