Tim Taekwondo Kota Bandung Bidik Posisi Empat Besar Kejuaraan Internasional di Thailand

BANDUNG,- Tim taekwondo Kota Bandung mengirimkan empat atlet andalannya untuk mengikuti kejuaraan internasional Heroes International Championship yang berlangsung di John Paul II Sport Center Assumption University, Bangkok, Thailand, 30 Juni-1 Juli 2018. Tim Kota Bandung menargetkan untuk bisa masuk posisi Empat besar kejuaraan bergengsi tersebut.
Partisipasi pada kejuaraan bergengsi ini juga merupakan bagian dari persiapan tim taekwondo Kota Bandung untuk menghadapi Pekan Olahraga Daearah (Porda) XIII/2018 di Kabupaten Bogor.
“Atlet yang dibawa adalah atlet-atlet proyeksi medali emas Porda dari nomor kyorugi (duel),” ujar Sekretaris Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kota Bandung Dedi Heryadi di Sekretariat TI Kota Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Rabu (27/6/2018).
Tim taekwondo Kota Bandung bertolak ke Thailand Kamis (28/6/2018). Keempat atlet kyorugi yang diboyong untuk berlaga di Thailand adalah Megawati Tamesti Maheswari (-53 kg putri), Annisa Cinthya Medyna (-57 kg putri), Kharisma Jingga (-54 kg putra), dan Muhammad Rizaldi (-74 kg putra). Mereka adalah atlet andalan Jabar yang meraih medali emas maupun perak pada PON XIX/2016 lalu.
Dedi mengatakan, selain bergengsi, kejuaraan Heroes International Championship di Thailand ini juga sangat kompetitif karena diikuti atlet-atlet andalan dari hampir 20 negara.
“Lawan-lawan di sana lumayan berat karena merupakan mantan atlet tim nasional negara masing-masing, bahkan biasanya ada dari Eropa juga. Jadi target kami pada tryout ini tidak muluk-muluk, masuk 4 Besar sudah bagus. Yang paling penting adalah kami bisa meningkatkan kualitas atlet supaya mencapai puncak performa terbaiknya dan meraih medali emas  pada Porda nanti,” kata Dedi.
Sejumlah atlet Kota Bandung sebelumnya juga ditempa melalui program latihan di luar negeri, terutama atlet-atlet nomor poomsae (jurus). Axel Rizki, Wulan Kusuma, dan Rachmania ditempa latihan di Korea Selatan. Axel dan Wulan bahkan berhasil menggondol gelar juara pada nomor poomsae perseorangan putra dan putri ajang kejuaraan taekwondo 2018 Mission Cup di Korea Selatan.
Dedi mengatakan, peningkatan performa atlet melalui uji coba tidak berhenti pada kejuaraan di Thailand. Pada Agustus nanti, kata Dedi, tim pelatcab taekwondo Kota Bandung juga sudah menjadwalkan uji coba ke Lombok, Surabaya, dan diakhiri di Padang September mendatang.
“Target kami adalah juara umum taekwondo Porda dengan 5 sampai 6 medali emas. Persiapan harus dimaksimalkan untuk mencapai target itu karena pesaing kami juga cukup kuat,” kata Dedi.
Menurut dia, persaingan dengan tuan rumah Porda 2018 Kabupaten Bogor akan berlangsung ketat layaknya pada Porda XII/2014 di Kabupaten Bekasi. Saat itu, Kota Bandung meraih juara umum taekwondo dengan koleksi lima medali emas. Raihan medali emas Kota Bandung sama dengan Kabupaten Bogor, namun unggul dalam perolehan medali perak. (B2)