Tim Voli Putra Kota Bandung Segera Mulai Pemusatan Latihan

BANDUNG,- Tm voli indoor putra Kota Bandung akan segera melakukan pemusatan latihan sebagai pemantapan persiapan menuju putaran final Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 di Kabupaten Bogor. Sentralisasi untuk memantapkan kesiapan performa akan digelar di Kota Bandung mulai pertengahan Februari 2018 hingga menjelang keberangkatan menuju area Porda di Kabupaten Bogor Oktober mendatang.
“Kami sudah melakukan evaluasi hasil babak kualifikasi¬† dan mudah-mudahan pada pertengahan bulan ini TC bisa dimulai. Insyaallah tempatnya di GOR Pajajaran dan GOR Tectona. Sementara khusua untuk tim putra karena beberapa atlet tim putri ada yang TC Asian Games, ” kata Pelatih Tim Voli indoor putra Kota Bandung Agus Irawan di Bandung, Senin (19/2/2018).

Tim voli indoor putra Kota Bandung sebenarnya lolos ke putaran final Porda dengan hasil sempurna pada babak kualifikasi. Mereka menjadi juara wilayah setelah menyapu bersih lima laga dengan hasil kemenangan telak atas Kabupaten Purwakarta, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Karawang. Tim Kota Bandung tak pernah sekalipun kehilangan set. Namun Agus menilai, dari hasil evaluasi babak kualifikasi yang digelar bersama Pengcab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bandung, tim putra Kota Bandung dinilai masih belum teruji lormaksimal.

“Secara umum dengan sistem pembagian wilayah pada babak kualifikasi kemarin, tim ini belum teruji betul. Masih ada sektor-sektor yang perlu diperbaiki,” kata Agus.

Tim Kota Bandung saat ini sudah merupakan komposisi tim inti berjumlah 12 orang. Menurut dia, sistem promosi maupun degradasi atlet akan bergantung pada hasil verifikasi dari tim keabsahan Pengprov PBVSI Jawa Barat.

“Sesuai instruksi KONI Kota Bandung, dari November 2017 juga tim sudah komposisi 100 persen (inti untuk Porda), yakni 12 orang. soal promosi degradasi, kita lihat nanti ketentuan tim keabsahan dari Pengprov (PBVSI),” ujar Agus.

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Cabang Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bandung Iyus Sayuti mengatakan, sentralisasi akan dilengkapi dengan rangkaian pertandingan uji coba, baik di luar Kota Bandung (tryout) maupun mengundang lawan untuk beruji tanding di Bandung (tryin).

Dia mengatakan, tim voli Kota Bandung mengusung target untuk meraih lebih dari dua emas pada Porda mendatang. Mempertahankan dua gelar juara yang diraih dari tim voli indor putri dan voli pasir putri pada Porda 2014 adalah target minimal yang harus bisa dicapai.

“Dua emas dari putri harus dipertahankan. Selain itu, kami akan berusaha keras untuk menambah satu emas dari voli indoor putra atau voli pasir putra,” kata Iyus.

Pada Porda sebelumnya di Kabupaten Bekasi, tim voli putra Kota Bandung meraih medali perak. Iyus mengakui, butuh kerja ekstra untuk memoles tim putra Kota Bandung menuju persaingan Porda Kabupaten Bogor. Apalagi jika dilihat dari performa tim-tim lain sepanjang fase kualifikasi, persaingan pada putaran final untuk Porda nanti dinilai akan sangat ketat bagi Kota Bandung.

“Kalau untuk tim putri, Kota Bandung masih inggul dibandingkan daerah lain. Tapi untuk tim putra masih punya pekerjaan rumah. Persaingan di putra¬† akan berat, khususnya jika melihat kekuatan tim daerah lain seperti Kabupaten Bandung, tuan rumah Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, dan tentunya juara bertahan Kabupaten Bekasi,” ujar Iyus.(B7)