Wakil Gubernur Jawa Barat Mengapresiasi MASPI

BANDUNG,- Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar sangat mengapresiasi dengan langkah MASPI (Masyarakat Pencak Silat Indonesia) yang terus memperjuangkan pencak silat bisa ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda Indonesia oleh UNESCO pada tahun 2019 nanti.
“Kita harus terus menerus memperjuangkan karena sudah jelas bahwa pencak silat berasal dari Indonesia, bahkan ada ada dokumen dan bukti. Khususnya lagi bisa menjadi itangible cultural heritage, sehingga harus diperjuangkan,” ujar Deddy belum lama ini di Grand Hotel Preanger, Bandung.
Aktor kawakan ini pun berujar bahwa pencak silat menjadi media untuk mencetak pendekar-pendekar dari segi mental spiritual dan olah raga bela diri, dengan mengedepankan sikap kependekaran yang harus tumbuh dimana bisa membela yang benar, yang lemah, dan jujur.
“Pencak silat bisa juga menjadi sarana untuk membentuk dan membangun karakter anak muda Indonesia masa depan. Kalau di Jepang ada Bushido, di Indonesia ada pencak silat,” ucap Demiz mengakhiri.
MASPI sendiri saat ini dipimpin Edwin Sanjaya setelah secara aklamasi sebagai MASPI periode 2018-2022 melalui Musyawarah Besar (Mubes) II Masyarakat Pencak Silat Indonesia, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Minggu (28/1/2018) lalu.(B6)