Workshop Pelatih, Wasit, Juri Taolu Kota Bandung 2018

BANDUNG,- Puluhan pelatih, wasit, hingga atlet wushu antusias mengikuti Workshop pelatih dan wasit atau  juri taolu Kota Bandung 2018 yang digelar oleh Pengurus Cabang Wushu Indonesia Kota Bandung di Gedung Golkar Kota Bandung, Jalan Pelajar Pejuang, Sabtu (24/3/2018). Workshop ini digelar sebagai persiapan, khususnya bagi para pelatih untuk menghadapi berbagai kejuaraan, salah satunya Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 di Kabupaten Bogor.
“Supaya para atlet punya kualitas lebih baik, maka mereka harus punya pelatih yang kapasitas dan kualitasnya juga mumpuni. Workshop ini untuk meningkatkan kualitas para pelatih karena kami ingin wushu Kota Bandung itu kualitasnya meningkat, bisa bersaing di berbagai level dari regional hingga bertaraf internasional,” ujar Ketua Pengcab Wushu Indonesia Kota Bandung Sofyanudin Syarif.
Dia mengatakan, pemateri workshop merupakan para pelatih hingga instruktur atau wasit berstandar nasional hingga internasional. Salah seorang di antaranya adalah Nyoman Satria Yudha. Pada workshop ini ditunjukkan berbagai kiat-kiat dalam gerakan wushu taolu (peragaan jurus) supaya bisa meraih nilai terbaik atau menghindari pengurangan nilai dalam penjurian. Workshop yang berlangsung hingga Minggu (25/3/2018) ini diikuti sedikitnya 25 peserta dari 9 sasana wushu di Kota Bandung. 
“Kami harap para peserta bisa memanfaatkan workshop ini sebagai bekal untuk mempersiapkan latihan dalam rangka menghadapi berbagai kejuaraan, baik Porda, maupun kejurnas. Materi dari workshop ini juga bisa menjadi bahan berharga untuk tim Porda Kota Bandung pada pemusatan latihan,” kata Sofyan.
Sementara itu Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Bandung Aan Johana menilai penyelenggaraan workshop ini merupakan parameter kesehatan organisasi WI Kota Bandung. Dari sisi manfaat, Aan berharap workshop ini bisa memembawa dampak positif dalam peningkatan kualitas pelatih, atlet, dan prestasi wushu Kota Bandung, khususnya di ajang Porda 2018.
“Wushu adalah salah satu cabang olah raga andalan Kota Bandung untuk mendapatkan medali emas di Porda. Jadi, kami berharap wushu bisa mempersiapkan para atletnya dengan baik agar bisa memberikan prestasi optimal,” tutur Aan seusai membuka workshop. (B2)