Yakin Jadi Tuan Rumah PON 2024, KONI Aceh Minta Dukungan Jabar

BANDUNG,- Dalam rangka menggalang dukungan untuk mencatatkan sejarah dengan menjadi bagian dari tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh sambangi sekretariat KONI Jawa Barat di Jl. Pajajaran No. 37A Bandung, Rabu (21/3/2018).

Selain itu, Wakil Ketua I KONI Aceh, Iqbal Farabi juga menegaskan jika pihaknya ingin belajar banyak dari Jawa Barat yang dianggap sukses menyelenggarakan PON XIX/2016 lalu.

“Kami ingin belajar banyak soal sejarah sukses Jabar pada pelaksanaan PON yang lalu. Seandainya nanti kami diberi kepercayaan oleh kawan-kawan KONI se-Indonesia untuk menjadi tuan rumah PON 2024 bersama dengan Sumatera Utara, tentu kami harus belajar banyak ke sini,” tegasnya.

Iqbal yang didampingi Sekretari Umum KONI Aceh, Husaini, Kabid Organisasi KONI Aceh, Anwar Zamzam, Serta Saifullah perwakilan dari Dispora Aceh mengklaim jika Aceh beserta Sumatera Utara siap menggelar pesta olahraga multi event tingkat nasional tersebut.

Bahkan menurutnya berdasarkan penilaian dari tim verifikasi KONI Pusat menyebutkan bahwa Aceh mampu memenuhi 70% secara fisik gelanggang yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan PON.

“Kami sudah dikunjungi tim verifikasi dari KONI Pusat dan kami mendapat status bahwa Aceh dan Sumut layak untuk menjadi tuan rumah PON. Kami bisa menunjukkan 70% venue yang sudah siap. Nanti 10% nya itu bersifat rehab dan 20% lagi pembangunan baru. Tinggal dukungan dari KONI dan juga pemerintah. Semoga harapan kami, Aceh dan Sumut bisa jadi tuan rumah”ungkapnya.

Kedatangan rombongan dari Aceh tersebut disambut baik oleh para petinggi KONI Jabar yang dipimpin oleh Wakil Ketua I KONI Jabar, M Budiana. Pada kesempatan itu, Budiana mengaku jika KONI Jabar turut mendukung Aceh dan Sumut untuk menjadi tuan rumah PON setelah PON Papua XX/2020 nanti.

“Berdasarkan perintah dari Ketua Umum KONI Jabar kami menerima kunjungan silaturahmi dari kawan-kawan Aceh hari ini. Dan sikap kami, masa iya kami bertentangan dengan KONI Pusat yang sudah memberikan penilaian bagus terhadap Aceh dan Sumut ini. Bahkan tempo hari juga dari Sumut sudah berkunjung ke Jabar. Hasilnya positif, kami akan mendukung,” terangnya.

“Segala sesuatu yang pernah kami lakukan untuk kesuksesan PON kemarin sudah kita sampaikan pada diskusi tadi. Bahkan kalau bahasa saya, aktor penting yang membuat tata kelola PON Jabar kemarin sukses bisa kami hibahkan sebagai tenaga ahli nanti PON 2024. Dan ini bentuk dukungan nyata kami sesuai dengan falsafah bangsa kita, harus bergotong royong untuk kesuksesan,” ungkap Budiana menutupkan. (B5)