Yoyo Kembali Pimpin KONI Subang Untuk Periode Kedua Siap Cetak Atlet Level Nasional

SUBANG,- Kepengurusan KONI Kabupaten Subang masa bakti 2018-2022 dibawah pimpinan Yoyo Kustrio dikukuhkan dan dilantik secara resmi oleh KONI Jawa Barat di Vila Sari Alam, Ciater, Kabupaten Subang, Jumat (13/4/2018) petang. Pada periode kepemimpinan kedua kalinya, Ketua Umum KONI Kabupaten Subang, Yoyo Kustriu bertekad untuk mencetak atlet-atlet potensial level nasional.
“Untuk periode kedua ini, kami akan kejar di bidang prestasi. Kita akan terus cetak atlet potensial yang bisa berprestasi di level nasional,” ujar Yoyo saat ditemui di Vila Sari Alam, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (14/4/2018).
Yoyo menuturkan, pada saat PON XIX tahun 2016, Kabupaten Subang mampu memberikan kontribusi bagi kontingen PON XIX Jabar sebanyak16 atlet. Dari jumlah kontribusi tersebut, atlet asal Kabupaten Subang pun berhasil menyumbangkan beberapa medali emas.
“Itu yang akan menjadi fokus kami untuk lebih mengembangkan dan mebncetak atlet dengan prestasi nasional. Insha Allah, kami akan mampu menghasilkan atlet yang lebih baik dan mampu berprestasi di level nasional hingga internasional,” tegasnya.
Sementara Wakil Ketua I KONI Jabar Bidang Organisasi, M Budhiana mengaku jika prestasi olahraga Kabupaten Subang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini, potensi olahraga prestasi di Kabupaten Subang pun sudah bisa disejajarkan dengan kota dan kabupaten lain di Jabar.
“Potensi atlet asal Kabupaten Subang ini tidak bisa dianggap remeh, bahkan sudah ada yang mampu berprestasi di level nasional hingga internasional. Untuk itu, kami dari KONI Jabar selalu berkoordinasi dengan KONI Kota dan Kabupaten termasuk Subang karena mereka merupakan pemilik resmi dari atlet sebagai upaya mempertahankan prestasi yang sudah diraih. Dan KONI Jabar pun memiliki program agar setiap kota dan kabupaten di Jabar minimal punya satu cabang olahraga unggulan,” ujar Budhiana.
Untuk itu, lanjutnya, diperlukan dukungan penuh dari pihak pemerintah kota/kabupaten. Baik dalam bentuk dukungan anggaran maupun dukungan sarana prasarana olahraga sebagai tempat atlet berlatih dan menempa kemampuannya.
“Untuk dukungan anggaran, saat ini masih banyak pemerintah daerah di kota dan kabupaten yang menilai jika dukungan anggaran jadi tanggungjawab Koni tingkat provinsi dan itu salah besar. Dalam mendukung anggaran bagi koni bisa didasarkan atas UU SKN dan setiap pemerintah daerah memiliki kewajiban masing-masing. Pemerintah berkewajiban menyiapkan dukungan anggaran dan sarana prasarana, serta KONI dalam hal pembinaan olahraga prestasi. Kita usapkan selamat bertugas bagi pengurus KONI Kabupaten Subang yang baru dilantik dan satu pesan saya hayu urang ngabakti sanes ngabati,” tegasnya. (B8)