Target 2 Emas, Ini Komitmen Tim Terjun Payung Jabar di PON Papua

BANDUNG- Ketua Pordirga Terjun Payung Jawa Barat, Dadang satria menegaskan jika tim terjun payung Tanah Pasundan akan total berjuang meraih prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Bumi Cenderawasih, Papua.

Saat ini pihaknya menyiapkan amunisi sebanyak 17 atlet yang tengah melakukan pemusatan latihan daeerah (Pelatda) di Bogor dan di Nusawiru, Kabupaten Pangandaran.

Persiapan menuju PON sudah kami lakukan dari tahun kemarin. Ya memang sempat terganggu karena ada Covid-19 tapi para atlet tetap berlatih. Saat ini ada 17 atlet untuk enam nomor pertandingan. Sebagai komitmen, kami siap dan total berjuang untuk Jabar Juara di PON Papua nanti,ungkapnya di GOR Tri Lomba Juang, Bandung, Kamis (18/02/2021).

Dadang mengatakan, sebetulnya atlet yang akan tampil di PON XX/2021 nanti berjumlah 10 orang. Hanya saja Pordirga FASI Terjun Payung Jabar tetap mempersiapkan cadangan.

Mereka akan terjun di enam nomor pertandingan, yaitu ketepatan mendarat putra dan putri, perorangan putra dan putri, kerjasama di udara dan kerjasama antar parasut. Bertambah satu nomor dari PON lalu di Jawa Barat yaitu kerjasama di udara. Hal ini melihat perkembangan dari nomor tersebut,katanya.

Pada multi event tingkat Nasional itu, pihaknya menargetkan dua medali emas. Ia membidik dari nomor kerjasama antar parasut dan ketepatan mendarat. Persiapan pun, lanjut Dadang, terus digenjot para atlet.

Meski di tengah pandemi Covid-19, namun para atlet tetap konsisten berlatih meski latihan masih persesi. Target insya Allah di atas kertas bisa dua. Karena masih pandemi para atlet sebelum latihan wajib swab antigen dan menerapkan protokol kesehatan. Latihan minimal tiga jam perhari dan itu untuk sewa pesawat perjamnya 650 dolar,terangnya.

Mengenai pesaing terberat Jabar di Papua nanti, Dadang mengaku mewaspadai tuan rumah. Bahkan pesaingnya di PON sebelumnya, yaitu Lampung justru tidak lolos. Rival terberat nanti tuan rumah. Ini yang harus kita waspadai. Waktu di babak kualifikasi kan kita yang penting lolos saja dulu. Baru perjuangan sesungguhnya untuk mendapat medali emas itu di PON,jelas Dadang.

Untuk itu, Dadang menegasskan tim terjun payung Jabar hanya butuh memperbanyak latihan untuk jadi pemenang. Bahkan ia sudah merencanakan jika tim terjun payung andalan Jabar itu akan try out ke Cina.

Rencana kita mau ke Cina. Tapi lihat situassi dan kondisi Covid-19 ini juga ke depan seperti apa. Rencana Mei sampai pertengahan Juni 2021. kenapa Cina? karena Cina itu juara dunia terus sehingga jadi barometer. Sapras sangat lengkap, fasilitas juga oke,ungkapnya.

Ia berharap pada PON XX/2021 nanti para atlet tampil maksimal dan bisa bawa Jabar Juara di Tanah Papua. Saya berharap atlet all out untuk bertanding, kemudian Pemprov dan KONI Jabar all out memberikan dukungan,pungkasnya *** (P93)


Navigasi