CHARACTER BUILDING UNTUK BANGUN MENTAL JUARA

BANDUNG -  Character building atlet dan pelatih Pelatda PON XX Papua tahun 2021 KONI Provinsi Jawa Barat secara resmi dimulai. Kemampuan, kualitas, hingga mentalitas atlet menjelang PON XX diharapkan bisa terbentuk dari kegiatan ini.

"Character building ini diharapkan bisa menjaga dan meningkatkan kualitas, kemampuan, mentalitas, hingga motivasi atlet. Tidak terpengaruh dengan kondisi yang akan dihadapi nanti di Papua, karena pelaksanaan PON XX berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya," kata Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat membuka acara di Dodik Belanegara Rindam III/Siliwangi, Jalan Tangkuban Perahu, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (26/5/2021).

Mentalitas juara, kata Ahmad, harus dibangun dan dibentuk. Meski memiliki kualitas teknik dan fisik yang baik tapi kalau tidak punya mentalitas juara, akan sulit untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

"Kemenangan perlu dibangun dan diwujudkan. Character building ini menjadi ikhtiar yang dilakukan KONI Jabar untuk menghantarkan atlet menjadi juara pada PON XX di Papua bulan Oktober 2021 nanti," Ahmad menegaskan.

Untuk itu, Ahmad berharap para atlet bisa menelaah dirinya sendiri, harus mampu mengukur kemampuan sendiri. Pasalnya, atlet merupakan manajer terbaik bagi diri sendiri, pelatih terbaik bagi sendiri, sekaligus programer terbaik bagi diri sendiri. "Karena saat masuk gelanggang, atlet sendiri lah yang menentukan siapa yang akan jadi pemenangnya," kata dia.

Kegiatan character building atlet dan pelatih Pelatda PON XX/Papua tahun 2021 KONI Provinsi Jawa Barat digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama diawali pada Selasa (25/5/2021) dengan swabtest antigen hingga Sabtu (29/5/2021) dan gelombang kedua dilaksanakan pada 1-5 Juni 2021.

Pada gelombang I, diikuti 149 atlet putra, 129 atlet putri, dan 41 pelatih yang berasal dari 21 cabang olahraga. Sedangkan di gelombang kedua, diikuti 167 atlet putra, 148 atlet putri, dan 30 pelatih dari 15 cabang olahraga. (ARS)



Navigasi