GELAR HOME TOURNAMENT, PBSI JABAR PERKETAT PENERAPAN PROKES

Gelar Home Tournament, PBSI Jabar Perketat Penerapan Prokes

BANDUNG- Penerapan protokol kesehatan (prokes) menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan pada setiap kegiatan yang digelar di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Hal itu menjadi perhatian Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jawa Barat saat menggelar turnamen bulutangkis bertajuk 'PBSI Jabar Home Tournament' yang digelar Senin-Kamis (7-10/6/2021).

Sebelum turnamen digelar, penerapan prokes Covid-19 diterapkan dengan melakukan swab test antigen bagi semua pihak yang terlibat. Tidak hanya atlet dan pelatih, namun juga ofisial tim, panitia turnamen, perangkat pertandingan, hingga pihak terkait lainnya.

Swab test antigen sendiri dilakukan di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (6/6/2021). Satu persatu atlet, pelatih, ofisial tim, panitia turnamen, perangkat pertandingan, hingga pihak terkait lain, menjalani swab test oleh tim sport medicine KONI Jabar.

"Swab test wajib bagi semua yang terlibat pada turnamen. Kita ingin semua atlet, pelatih, dan semua yang terlibat di turnamen ini terjaga dan terawasi sehingga kita fokus pada penerapan prokes," kata Ketua Pelaksana, Herman Subardjah, Minggu (6/6/2021).

Setelah dinyatakan non-reaktif berdasarkan hasil swab test, atlet, pelatih, ofisial tim, panitia hingga perangkat pertandingan masuk karantina di salah satu hotel. Sedangkan mereka yang dinyatakan reaktif, langsung dikembalikan dan tidak berhak mengikuti turnamen.

"Dari hasil swab test, ada 11 atlet yang dinyatakan reaktif dan langsung kami pulangkan. Tidak ada tawar menawar," kata dia.

Meski sudah dinyatakan non-reaktif dari hasil swab test pada Minggu (6/6/2021), PBSI Jabar kembali menggelar swab test antigen pada Rabu (9/6/2021). Meski sudah berlaga pada pertandingan sebelumnya, namun jika dinyatakan reaktif maka akan langsung diskualifikasi.

"Untuk itu, kita imbau atlet tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama turnamen berlangsung. Tidak hanya saat di lapangan, tapi juga pada saat diluar arena," kata dia. (ARS)


Navigasi