TIM SOFBOL KOTA BANDUNG RAJAI BK PORPROV XIV

BANDUNG - Tim sofbol Kota Bandung sukses merajai babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV/2022. Pada akhir BK Porprov Jabar XIV di Lapangan Sofbol Lodaya, Minggu (13/6/2021), tim sofbol putra Kota Bandung mengunci gelar juara untuk melengkapi keberhasilan tim putri yang lebih dulu menjadi juara.

Tim sofbol putra Kota Bandung menempati posisi akhir puncak klasemen dan lolos ke putaran final Porprov Jabar XIV setelah berhasil menyapu bersih kemenangan pada enam laga babak kualifikasi. Pada laga terakhirnya, tim sofbol Kota Bandung menang telak 17-0 atas Kota Tasikmalaya. Sebelumnya, tim sofbol Kota Bandung juga tampil superior dengan mengalahkan Kabupaten Bandung 16-2, Kota Bogor (9-4), Kabupaten Bogor (12-2), Kabupaten Cirebon (4-3), dan Karawang (17-1).

Sepekan sebelumnya, tim sofbol putri Kota Bandung lebih dulu menyegel gelar juara BK Porprov XIV. Pada laga final, tim  putri Kota Bandung menang 15-0 atas Kota Bogor. Sama seperti tim putra, tim sofbol putri Kota Bandung juga menyapu bersih kemenangan pada laga kualifikasi dengan mengalahkan Kota Tasikmalaya 17-3, Kabupaten Cirebon (15-0), dan Bekasi (25-1).

Ketua Pengurus Cabang Persatuan Bisbol Sofbol Indonesia (Perbasasi) Kota Bandung Indra Setiawan mengatakan, keberhasilan mengawinkan gelar juara putra dan putri menjadi bukti bahwa pembinaan olah raga sofbol di Kota Bandung masih berjalan sesuai trek. Kota Bandung merupakan peraih gelar juara putra dan putri cabang olah raga sofbol pada Porprov edisi sebelumnya. Indra optimis, Kota Bandung akan mampu mempertahankan gelar juara tersebut pada Porprov Jabar XIV/2022. 

"Masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi, tapi kami optimistis, tim akan berkembang menjadi jauh lebih baik sampai putaran final Porprov nanti. Target kami mempertahankan gelar juara dan dari hasil babak kualifikasi, kami optimistei akan mampu merealisasikan target tersebut," kata Indra saat ditemui seusai pertandingan.

Indra berharap, sebagai salah satu cabang olah raga yang menjadi tumpuan Kota Bandung untuk mendulang medali emas pada Porprov, pembinaan sofbol bisa mendapatkan perhatian dan dukungan lebih baik dari KONI Kota Bandung. "Dukungan, terutama tambahan dana pembinaan dibutuhkan untuk melengkapi peralatan pertandingan, pemberian vitamin, sampai pembiayaan melakoni laga-laga uji coba maupun sentralisasi latihan. Sofbol ini kan salah satu cabor unggulan, selalu juara umum Porda (Porprov), dan sekarang sudah memberikan bukti dengan juara BK juga, semoga mendapatkan perhatian lebih baik," ujar Indra. (ABK)


Navigasi