BK PORPROV XIV GULAT DIIKUTI 266 ATLET

BANDUNG - Sekitar 266 atlet mengikuti babak kualifikasi  (BK) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV tahun 2022  cabang olahraga gulat, yang di gelar di GOR Gulat Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jl. Pajajaran Bandung, 12-16 Juni 2021. 

Ketua Panitia Pelaksana, Bambang Erawan  mengatakan, ke-266 atlet tersebut terdiri dari 198 atlet putra dan 68 atlet putri. Dari 23  Pengcab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) kota/kabupaten di Jabar, hanya Kota Bekasi yang tidak mengikuti babak kualifikasi.

"Kota Bekasi mengundurkan diri karena atlet yang mereka kirimkan tidak lolos pada sesi keabsahan pada 12 Juni kemarin sehingga hanya 23 kota dan kabupaten yang mengikuti babak kualifikasi," kata Bambang saat ditemui di GOR Gulat Jabar. 

Bambang mengatakan, kalau babak kualifikasi ini bisa digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana semua peserta dan perangkat pertandingan harus di swab tes terlebih dulu. 

"Swab test kita lakukan setiap hari sebelum atlet bertanding. Jika dinyatakan positif dari hasil swab test, atlet yang bersangkutan diskualifikasi dan langsung dipulangkan. Tidak hanya atlet saja, panitia dan perangkat pertandingan juga sama di swab," jelasnya. 

Mengenai babak kualifikasi sendiri, Bambang menjelaskan,  kalau pihaknya menggunakan sistem by number. Sehingga setiap daerah bisa mengganti atlet yang akan tampil pada pertandingan cabang olahraga gulat di Porprov Jabar XIV pada tahun 2022 nanti. Dengan catatan, memenuhi persayaratan batas usia serta sesuai dengan kelas pertandingan yang lolos saat babak kualifikasi.

"Untuk babak kualifikasi kali ini  kita menetapkan batasan usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat gelaran Porprov Jabar XIV dilaksanakan pada tahun 2022. Kalau ada atlet yang masih berusia 17 tahun ikut bertanding di babak kualifikasi saat ini, maka harus menyertakan surat dokter dan surat izin orangtua," tegasnya. 

Sedangkan untuk total kuota atlet gulat di ajang Porprov Jabar XIV tahun 2022 mendatang, sebanyak 240 atlet yang terbagi di 30 kelas pertandingan. Baik di nomor grego putra, bebas putra dan bebas putri.

"Dari babak kualifikasi ini, diambil tujuh atlet untuk setiap kelas ditambah satu atlet tuan rumah yang secara otomatis lolos langsung. Sehingga di babak kualifikasi ini, hanya 210 orang atlet yang berhak tampil di Porprov Jabar XIV tahun 2022 nanti di Kabupaten Bandung Barat," pungkasnya. (RRI)


Navigasi