BIDIK 3 EMAS PON, PERBASI JABAR GENJOT TIM PELATDA

BANDUNG -  Intensitas  latihan tim basket putra dan putri Jawa Barat yang dipersiapkan untuk PON XX/2021  terus ditingkatkan mendekati pelaksanaan pesta olahraga Nasional terbesar itu. Pengurus Provinsi Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Jawa Barat menargetkan raihan tiga medali emas dari total empat medali emas yang diperebutkan di arena basket PON Papua. 

"Kita hanya mempunyai waktu efektif tiga bulan lagi untuk mencapai target tersebut. Oleh karena itu, latihan dilakukan lebih intensif dengan memberikan porsi latihan yang lebih banyak dan tentunya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain latihan game di lapangan, kita juga melakukan weight training di gym dan pembentukan karakter yang telah diselenggarakan oleh KONI Jabar," ujar Wakil Ketua Umum Perbasi Jabar, Saeful Mulyana saat ditemui di sela-sela peninjauan latihan tim Pelatda PON Jabar di Gor Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (17/6/2021). 

Cabang olahraga basket PON XX/2021 Papua menyediakan empat medali emas, yakni putra putri (5x5) dan nomor baru putra putri (3x3). Menurut Saeful, KONI Jabar memberikan target untuk meraih dua medali emas dari nomor basket 5x5 putra dan basket 3x3. Namun, Perbasi Jabar optimistis bisa menambah medali emas dari nomor 5x5 putri karena sumber daya atlet potensial yang dimiliki Jabar saat ini.

"Putra (5x5) kita adalah juara bertahan, sementara putri meraih posisi keempat pada PON 2016. Namun tim putri kita sekarang sangat potensial materi pemainnya, jadi kami optimistis bisa meraih emas dari putra, putri, dan putra 3x3 yang merupakan nomor baru," ujarnya.

Selain latihan, kata Saeful, tim basket Jabar juga sudah menjalani rangkaian pertandingan uji coba untuk mengukur kualitas hasil persiapan. "Hasilnya uji coba secara umum cukup memuaskan. Memang masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Kita masih punya waktu," ujarnya. (ABK)


Navigasi