INKANAS RAIH JUARA UMUM KEJURDA KARATE 2021

SUBANG - Kejuaraan Daerah (Kejurda) sekaligus Seleksi Daerah (Selekda) Karate Jawa Barat 2021 selesai digelar di GOR Gotong ROyong, Kabupaten Subang, Sabtu (19/6/2021). Inkanas Jabar tampil sebagai juara umum dengan raihan 5 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. 

Peringkat kedua, ditempati tim FORKI Kabupaten Bandung yang meraih 4 medali emas dan 2 perak, serta FORKI Kota Cirebon di posisi ketiga dengan raihan 4 medali emas dan 2 perunggu. Di posisi empat, ditempati Forki Kota Depok dengan raihan 3 medali emas dan 5 perunggu. Lalu perguruan KKI Jabar dengan raihan 2 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu, sama dengan raihan FORKI Kota Bekasi yang menempati posisi keenam.

Ketua Pelaksana, Gaos Darmawan mengatakan, gelaran Kejurda/Selekda Karate Jabar 2021 mengacu pada surat edaran dari PB Forki terkait pelaksanaan Seleksi Nasional yang rencananya akan dilaksanakan 27 Juni 2021. Sehingga kejuaraan kali ini digelar untuk membentuk tim FORKI Jabar yang akan disiapkan untuk ajang Seleknas.

"Untuk kejuaraan kali ini, karena masih dalam kondisi pandemi, kita batasi jumlah atlet yang ikut yakni setiap kontingen hanya diperbolehkan mengirimkan satu atlet per kelas dari sebelumnya bisa dua atlet pe kelas. Kita pun lakukan swab test bagi setiap atlet, pelatih, ofisial tim, hingga perangkat pertandingan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19," kata Gaos.

Gaos mengatakan, antusiasme pengcab FORKI Kota/Kabupaten serta perguruan anggota FORKI Jabar cukup tinggi mengikuti kejuaraan. Hampir semua pengcab dan perguruan, mengirimkan perwakilan atlet mereka untuk bertarung di 27 kelas pertandingan.

"Total atlet yang mengikuti kejuaraan sebanyak 230 atlet dan bertanding di 27 kelas yang terbagi dalam tiga kelompok usia yakni kadet, junior, dan under 21," Gaos menambahkan.

Dari hasil kejurda/selekda kali ini, lanjut Gaos, FORKI Jabar akan mengambil atlet terbaik dari setiap satu kelas. Rencananya, juara dari setiap kelas pada kejurda/selekda ini akan secepatnya menjalani training camp atau pemusatan latihan untuk persiapan seleknas.

"Pada kejurda kali ini hanya mempertandingkan nomor kumite, karena untuk nomor kata sudah dipertandingkan melalui kejuaraan virtual di Bogor, beberapa waktu lalu," kata Gaos. (ARS)


Navigasi