PERSIAPAN PON XX/2021, KONI JABAR SEGERA BERANGKATKAN 123 ATLET DAN PELATIH KE KOREA SELATAN

BANDUNG - Sebagai pemantapan persiapan menghadapi PON XX/2021, KONI Jawa Barat akan memberangkatkan 123 orang yang terdiri dari 104 atlet dan 19 pelatih untuk menjalani sentralisasi selama dua bulan di Korea Selatan. Pemberangkatan rombongan atlet dan pelatih dari enam cabang olahraga itu akan dilakukan dalam dua gelombang, dimulai 6 Juli 2021.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari Gyeongsangbuk-Do terkait pelaksanaan sentralisasi selama dua bulan di sana. Untuk 6 Juli akan diberangkatkan gelombang pertama, yakni para atlet dan pelatih dari cabang olahraga judo, taekwondo dan anggar," ujar Koordinator Program Korea Selatan KONI Jabar Trio Arsefto saat ditemui di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Trio, gelombang pertama kontingen yang akan berangkat menjalani sentralisasi di Korea Selatan adalah 21 orang dari cabor judo, 32 orang dari cabor taekwondo (20 kyorugi dan 12 poomsae), dan 21 orang dari anggar.

"Mereka sudah selesai menjalani vaksinasi, tidak ada masalah, menurut jadwal berangkat 6 Juli," kata Trio 

Sementara itu, gelombang kedua yang akan diberangkatkan terdiri dari 17 orang asal cabor panahan, 14 orang dari cabor gulat, dan 18 orang dari cabor tinju. "123 orang yang berangkat itu sudah termasuk 8 pelatih Korea dan sebelas pelatih lokal yang akan memimpin sentralisasi para atlet di sana," kata Trio.

Namun, dia menambahkan, waktu pemberangkatan gelombang kedua belum bisa dipastikan. Pasalnya, pemerintah Gyeongsangbuk-Do meminta seluruh anggota kontingen yang berangkat harus sudah selesai menjalani vaksinasi Covid-19.

"Rencananya gelombang kedua berangkat 13 Juli. Namun, ada beberapa atlet (penyintas) yang baru sekali vaksin, belum melakukan vaksinasi kedua, sementara syarat dari Gyeongsangbuk-Do itu harus sudah selesai vaksinasi. Jadi mungkin gelombang kedua berangkat setelah tanggal 20 atau 23 Juli," ujar Trio. (ABK)


Navigasi