PERFORMA ATLET KARATE PON XX JABAR MASIH DI BAWAH RATA RATA

Performa Atlet Karate PON XX Jabar Masih Dibawah Rata-rata

BANDUNG - Performa atlet karate Jabar yang dipersiapkan untuk PON XX tahun 2021 di Papua masih di bawah rata-rata. Hal itu terlihat dari hasil uji tanding menghadapi tim karate PON XX Lampung dan Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di GOR Sazakawa, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (27/6/2021).

"Kegiatan latihan dan uji tanding ini sangat penting dan menjadi yang pertama kita lakukan setelah hampir dua tahun lebih tidak ada kompetisi atau uji tanding pasca pelaksanaan babak kualifikasi PON XX tahun 2019 lalu. Ini jadi bahan bagi kami mengevaluasi program latihan yang sudah dijalani atlet selama dua tahun lebih," kata Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi FORKI Jabar, Arif Hardiana, Minggu (27/6/2021).

Dari hasil uji tanding yang dijalani atlet karate PON XX Jabar, Arif menilai jika masih banyak yang harus diperbaiki dari performa para karateka. Namun hal tersebut masih cukup wajar karena atlet baru menjalani sebuah pertandingan setelah selama dua tahun lebih hanya melakukan latihan.

"Melihat performa atlet kita di uji tanding, jujur saya katakan masih kurang gereget. Performa atlet Jabar masih dibawah rata-rata. Ini akan menjadi bahan perbaikan kita dalam tiga bulan kedepan menjelang PON XX digelar pada bulan Oktober 2021," Arif menuturkan.

Selain Lampung dan Sulut, Arif mengaku jika pihaknya pun mengundang tim karate PON XX Bali serta Jatim untuk mengikuti latih tanding. Namun tim Bali dan Jatim batal hadir di Jabar karena kondisi pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan.

"Lampung kita undang karena memiliki komposisi tim putra dan putri di nomor kumite yang sangat bagus, bahkan dua atletnya terpanggil Pelatnas. Kemudian Lampung punya semangat dan keinginan untuk melawan Covid-19 ini tidak dengan rasa cemas dan takut berlebihan dan tetap menerapkan aturan prokes secara ketat," kata Arif.

Pelaksanaan latih tanding pun disambut antusiat atlet karate PON XX Jabar, seperti yang diungkapkan Maruli Butar-butar. Atlet karate Jabar yang turun di nomor kumite kelas -67 kg putra mengaku sangat antusias menghadapi uji tanding kontra Lampung.

"Ini uji tanding pertama selama menjalani latihan Pelatda PON XX Jabar dalam dua tahun terakhir ini. Terakhir bertanding saat Piala Panglima TNI pada September 2019. Sehingga saat mendapat kesempatan uji tanding, tapi euforia yang kami rasakan seperti PON, sangat excited," kata Maruli.

Karateka yang dinobatkan sebagai Best of The Best pada Piala Panglima TNI tahun 2019 ini sangat bersyukur dengan program latih tanding bersama yang digagas FORKI Jabar. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk mengukur dan menguji hasil latihan yang dijalani selama ini dalam kamp Pelatda PON XX Jabar.

"Dari pelaksanaan uji tanding ini, meski menang di empat pertandingan, saya pribadi merasa performa saya masih jauh dari yang diharapkan jika dibandingkan dengan performa saat PON 2016 maupun sebelum pandemi," Maruli menegaskan. (ARS)


Navigasi