KONI SUMUT DAN KONI ACEH BERGURU KE JABAR SOAL PELAKSANAAN PON

BANDUNG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara dan KONI Aceh berguru datang ke KONI Jawa Barat untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam penyelengaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Dimana Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah bersama PON 2024 nanti.

Rombongan KONI Sumut dan Aceh ini dipimpin langsung ketua KONI-nya masing-masing, KONI Sumut dipimpin Jhon Lubis, sedangkan KONI Aceh dipimpin langsung ketuanya Muzakir M. Rombongan kedua KONI ini diterima langsung oleh Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin beserta jajaran.

"Kedatangan KONI Sumut dan Aceh ini datang ke kami untuk mempersiapkan penyelengaraan PON dan mereka akan menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang," ungkap Ahmad, seusai menerima kedatngan KONI Sumut dan Aceh, di Ruan rapat Lt 3 KONI Jabar, Jl. Padjajaran Bandung, Senin (28/6/2021).

Ahmad mengatakan, pihaknya akan membantu tuan rumah PON 2024 mendatang, dimana masih ada waktu untuk mempersiapkan penyelengaraan PON nanti.

"Bagaimana kita membesarkan olahraga Nasional dan kita harus saling membantu, sodara-sodara kita menjadi tuan rumah nanti untuk olahraga nasional, kita bantu," tegasnya.

Pihaknya juga merasa optimistis kalau PON 2024 di Sumut dan Aceh akan berlangsung sukses, seperti Jabar yang mampu sukses menggelar PON 2016 yang lalu. "Kalau kami mampu sukses, mereka juga mampu sukses menggelar PON mendatang," ucapnya.

KONI Jabar sendiri siap membantu bila Sumut dan Aceh membutuhkan bantuan dari Jabar untuk terselenggaranya PON 2024 nanti. "Kami punya pengalaman, punya pengetahuan yang cukup, dan kami siap berkolaborasi untuk mensukseskan PON 2024," katanya.

Sementara itu ketua KONI Sumut Jhon Lubis mengaku dengan hasil pertemuan ini banyak yang didapat dan mengakui banyak pelajaran berharga mengenai pelaksanaan PON secara garis besar.

"Secara umum kami mendapat pencerahan dari KONI Jabar, wawasan kita agak kawatir, memang ruwet cara kerjanya tapi secara teknis kami sudah mengetahui," jelasnya.

Oleh karena itu pihaknya berencana akan meminta bantuan kepada KONI Jabar untuk bisa mengirimkan bidang-bidang dari Jabar untuk memberikan masukan mengenai penyelengaraan nanti.

"Kita memilih Jabar ini karena kita tahu kalau Jabar merupakan penyelengaraan PON terbaik di Indonesia ini, sehingga perlunya kami untuk belajar ke Jabar," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Ketua KONI Aceh Muzakir M, yang menurutnya Jabar menjadi percontohan bagi Aceh dan Sumut untuk menggelaar PON dengan baik.

"Ini merupakan study banding buat kami, tahapan-tahapan yang akan dijalan di Aceh seperti apa. Apalagi bagi Aceh ini pertama kalinya menggelar PON, sudi kiranya Jabar mengajari kami untuk PON nanti," pungkasnya. (RRI)


Navigasi